Putri Kim Jong Un Makin Tenar, Posisi Sang Tante Diyakini Makin Terancam

Putri Kim Jong Un Kembali Curi Perhatian, Dampingi Sang Ayah di Parade Rudal
Sumber :
  • AP

VIVA Dunia – Kebangkitan putri muda Kim Jong Un menunjukkan dia sebagai "yang terpilih" untuk menggantikannya sebagai Pemimpin Tertinggi Korea Utara, dikabarkan berpotensi menjadi malapetaka bagi saudari perempuan Kim Jong Un, Kim Yo Jong, menurut para ahli.

Deretan Negara Paling Tak Percaya Tuhan di Dunia, Mayoritas di Benua Asia!

Putri Jong Un, Kim Ju Ae, diperkirakan berusia sekitar 9 atau 10 tahun, baru ini telah berulang kali muncul bersama ayahnya di acara-acara penting sejak keberadaannya pertama kali dikonfirmasi pada bulan November 2022, dan minggu ini bahkan dihormati dengan lima prangko baru.

Para ahli mengatakan kepada Daily Beast bahwa itu menunjukkan Kim tidak lagi bergantung pada saudara perempuannya, Kim Yo Jong, posisi yang genting untuk kerabatnya.

Kim Jong Un Dikabarkan Punya Selingkuhan Seorang Penyanyi, Hingga Punya Anak Bersama

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, bersama putrinya Kim Ju Ae.

Photo :
  • Korean Central News Agency/Korea News Service via AP.

"Kim pernah membunuh paman dan saudara tirinya," kata David Straub, mantan diplomat senior di Kedutaan Besar Amerika di Seoul. 

Deretan Aturan Nyeleneh yang Mengatur Kehidupan Korea Utara di Era Kim Jong Un

“Saya berani bertaruh semua orang di klan Kim ingat, mungkin terutama Yo Jong.” lanjutnya. 

Bruce Bennett, seorang analis Korea Utara lama di RAND Corporation, menyarankan bahwa peran adiknya yang menjadi berita utama di acara sebelumnya mungkin telah menyebabkan kejatuhannya.

"Dugaan saya adalah bahwa Kim benar-benar kecewa dengan semua media luar tentang saudara perempuannya yang berpotensi menjadi penerusnya," kata Bennett kepada Beast.

Kim Yo-jong, adik Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un

Photo :
  • Yonhap

Dia mencatat bahwa paman mertua Kim, Jang Song Thaek, awalnya adalah orang No. 2 dan pria itu sering menawarkan nasihat sebelum akhirnya Kim Jong Un memerintahkan untuk mengeksekusinya hampir 10 tahun yang lalu.

Kim tidak ingin mendengar bahwa pamannya adalah walinya," kata Bennett kepada outlet tersebut. Kim Yo Jong beruntung dia tidak mati seperti paman Kim,” katanya juga.

Kim Ju Ae, yang dianggap sebagai anak kedua sang diktator, baru-baru ini menjadi pusat perhatian di parade militer besar-besaran di Pyongyang dan muncul dalam prangko yang akan segera dirilis.

Media pemerintah menyebut Ju Ae sebagai anak yang "paling dicintai" atau "dihormati" oleh sang ayah, yang terpotret memang menerima senyuman dan kasih sayang dari ayahnya, bahkan di depan umum. 

Namun Yo Jong, yang sebelumnya memegang peran penting dalam mendukung kakaknya tidak ditampilkan secara mencolok di acara tersebut atau sama sekali di prangko.

Putri Kim Jong Un Kembali Curi Perhatian, Dampingi Sang Ayah di Parade Rudal

Photo :
  • AP

Ketenaran mendadak putri Kim bahkan telah menyebabkan pertemuan komite parlemen di negara tetangga Korea Selatan, untuk membahas keyakinan bahwa dia sedang dipersiapkan sebagai pemimpin Korea Utara berikutnya.

Lebih lanjut memperkuat desas-desus, sumber mengatakan kepada Radio Free Asia bahwa setiap wanita di Korea Utara yang bernama Ju Ae disuruh untuk mengganti nama mereka dengan nama baru, karena hanya akan ada satu Ju Ae jika dia menjadi Pemimpin Tertinggi nantinya.

Meski begitu, bibi Yo Jong kemungkinan masih memainkan peran penting dalam mempersiapkan keponakan mudanya mengingat usianya yang masih muda, ujar para ahli.

Jika Ju Ae "dipersiapkan sebagai penerus, maka pendidikan dan pelatihan bertahun-tahun lagi akan dibutuhkan sebelum dia dapat mengambil kendali," kata Evans Revere, mantan Departemen Luar Negeri di Washington dan Kedutaan Besar AS di Seoul.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya