Rusia Berencana Kirim Mahasiswa Ikut Perang ke Ukraina

Presiden Rusia Vladimir Putin
Presiden Rusia Vladimir Putin
Sumber :
  • Kremlin Pool Photo via AP

VIVA Dunia – Pejabat Rusia dikabarkan tengah bersiap untuk gelombang panggilan militer lainnya, kali ini, secara aktif mencari peluang untuk memobilisasi mahasiswa atau fasilitas pendidikan tinggi secara besar-besaran di seluruh negeri.

Hal Ini dilaporkan oleh Direktorat Intelijen Utama (GUR) Kementerian Pertahanan Ukraina, melansir Ukrinform.

Menurut badan tersebut, pihak berwenang Rusia telah menyiapkan apa yang disebut stasiun notifikasi, yang akan memberikan bantuan kepada kantor wajib militer dalam melayani panggilan kepada mahasiswa. Stasiun ini akan berfungsi untuk mengirim notifikasi pendaftaran terhadap para mahasiswa.

VIVA Militer: Pasukan lintas udara Angkatan Bersenjata Federasi Rusia (VDV)

VIVA Militer: Pasukan lintas udara Angkatan Bersenjata Federasi Rusia (VDV)

Photo :
  • rand.org

Administrasi Universitas Pedagogi Negeri Novosibirsk, Universitas Politeknik Tomsk, dan Universitas Pedagogi Negeri Tomsk mengeluarkan instruksi kepada divisi struktural mereka untuk menugaskan sejumlah mahasiswa dan fakultas ke stasiun pemberitahuan tersebut. Rencananya adalah melibatkan warga yang tidak secara resmi ikut mobilisasi.

"Federasi Rusia sedang mengambil langkah-langkah untuk memastikan gelombang mobilisasi berikutnya," demikian menurut pernyataan intelijen Ukraina, seperti dikutip Ukraina Pravda

Telah ditetapkan bahwa di Universitas Politeknik Tomsk, siswa ditugaskan tanpa persetujuan atau bahkan pemberitahuan sebelumnya. Pejabat administrasi ditunjuk untuk mengelola hal ini.

Halaman Selanjutnya
img_title