Gempa Magnitudo 7,2 Guncang Tajikistan

Ilustrasi - Seismograf, alat pencatat getaran gempa.
Sumber :
  • ANTARA

VIVA Dunia – Gempa berkekuatan magnitudo 7,2 melanda Tajikistan timur pada Kamis, 23 Februari 2023. Gempa tersebut terjadi sekitar pukul 05.37 waktu setempat, pada kedalaman sekitar 20,5 kilometer (12,7 mil).
 
Pusat Jaringan Gempa China mengatakan, gempa itu berkekuatan 7,2 dan kedalaman 10 kilometer (6 mil). Namun, pengukuran seismik awal oleh berbagai lembaga, termasuk USGS, seringkali berbeda dalam melaporkan besarnya gempa.

Top Trending: 4 Perempuan Pernah Jadi Istri Ari Sigit, Jayabaya Ramal Kemunculan Gempa Besar

Melansir dari Times of India, Kamis, 23 Februari 2023, pusat gempa terdeteksi di Gorno-Badakhshan, wilayah semi-otonom yang berbatasan dengan Afghanistan dan China, sekitar 67 kilometer dari kota pegunungan kecil Murghob.

Ilustrasi gempa bumi.

Photo :
  • Freepik
Sejarah Tercipta Thomas Cup dan Uber Cup, Sempat Tertunda Gegara Perang Dunia II

Setelah terjadi gempa awal, daerah tersebut juga mengalami gempa susulan berkekuatan 5,0 magnitudo, sekitar 20 menit kemudian, dan diikuti oleh gempa lainnya berkekuatan magnitudo 4,6.

Daerah tempat terjadinya gempa diketahui sedikit memiliki penduduk dan dikelilingi oleh Pegunungan Pamir yang menjulang tinggi.

Mobil Listrik Baru BYD Bakal Rilis, Pakai Nama Singa Laut

Danau Sarez, salah satu danau terbesar di Tajikistan, terletak di daerah pusat gempa. Danau itu memiliki rona aquamarine yang tercipta akibat gempa bumi pada tahun 1911. 

Bendungan alami jauh di pegunungan Pamir ada di belakang Danau Sarez, dan para ahli telah memperingatkan bahwa konsekuensinya akan menjadi bencana besar jika bendungan itu gagal.

Tajikistan, sama seperti sebagian besar negara di Asia Tengah, rentan terhadap bencana alam, termasuk banjir, gempa bumi, tanah longsor, longsoran salju, dan hujan salju lebat.

Sebagai informasi, di Gorno-Badakhshan awal bulan ini, longsoran salju menewaskan sembilan orang, sementara satu orang lagi meninggal di hari yang sama terjadi longsoran salju di jalan raya dekat ibu kota, Dushanbe.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya