4 Negara di Asia dengan Jumlah Janda Terbanyak, India Memimpin di Urutan Pertama

Ilustrasi populasi warga China.
Sumber :
  • The Irish Time

VIVA Dunia – Wanita yang menyandang status janda lumrah ditemukan di berbagai belahan dunia. Namun, di Asia rupanya ada beberapa negara yang disebut-sebut mempunyai janda terbanyak. Status janda ini tentu saja diperoleh usai mereka bercerai dari suaminya. 

Mobil Listrik Baru BYD Bakal Rilis, Pakai Nama Singa Laut

Menurut data, bahkan ada yang sampai pernah mencapai jumlah janda terbanyak bukan hanya di Asia tetapi juga dunia. Penasaran dengan negara penghasil janda terbanyak di Asia? Simak ulasan selengkapnya berikut itu yang dilansir dari The Loomba Foundation. 

1. India

8 Negara dengan Penurunan Tercepat di Asia

Warga India menggunakan masker untuk mencegah COVID-19.

Photo :
  • AP Photo/Rafiq Maqbool.

Salah satu negara di Asia dengan jumlah janda terbanyak adalah India. Laman The Loomba Foundation juga mengatakan bahwa di tahun 2015 India bahkan mempunyai jumlah janda terbanyak di dunia. Pada saat itu, jumlah janda di Negeri Bollywood ini mencapai 46.457.516 orang. Jumlah tersebut cukup meningkat dari tahun 2010 yang berjumlah sekitar 42 juta. 

Isuzu Pamer Teaser V-Cross Facelift, Meluncur Sebentar Lagi

2. China

Ilustrasi populasi warga China.

Photo :
  • The Irish Time

Pada tahun 2010, China sempat berada di atas India soal jumlah janda terbanyak. Namun, salah satu negara di benua Asia Timur ini kemudian menempati urutan satu tingkat di bawah India pada tahun 2015 dengan jumlah janda sebanyak 44.590.500 orang. 

Kemudian pada tahun 2018, angka perceraian di Negeri Tirai Bambu itu terbilang cukup banyak. Jumlah tersebut mencapai 3.2 per 1.000 penduduk. Diketahui ada lebih dari 1 miliar jiwa yang menghuni negeri tersebut. 

Binaragawan Kazakhstan resmi menikah dengan boneka seks

Photo :
  • Thesun

Bergeser ke Asia Tengah, ada Kazakhstan yang juga menjadi negara dengan jumlah janda terbanyak. Diperkirakan sampai saat ini ada 4.6 per 1.000 orang penduduk dari total populasi lebih dari 19 juta orang yang akhirnya bercerai. Sedangkan tahun 2016 lalu, tingkat perceraian di Kazakhstan diperkirakan 3.00 dari 1.000 orang. 

Maladewa.

Photo :
  • U-Report

Negara di Asia selanjutnya yang dihuni oleh janda terbanyak adalah Maladewa. Bagaimana tidak, angka perceraian negara Asia Selatan tersebut menyentuh 5.52 per 1.000 penduduk dengan populasi mencapai lebih dari 500.000 orang. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya