Satu Tahun Invasi Rusia, PBB Desak Pasukan Putin Harus Mundur dari Wilayah Ukraina

Menlu Ukraina Dmytro Kuleba
Sumber :
  • AP Photo/Olivier Matthys

VIVA Dunia – Memasuki satu tahun invasi Rusia ke Ukraina, Majelis Umum PBB menyetujui resolusi tidak mengikat yang menyerukan Rusia untuk mengakhiri permusuhan di Ukraina dan menarik pasukannya dari wilayah Kiev, pada Kamis, 23 Februari 2023.

Demi Alasan Keamanan, Polandia Siap Tampung Senjata Nuklir NATO

Dalam resolusi tersebut, PBB menyerukan bahwa agresi Moskow harus dihentikan.

Resolusi itu, yang disusun oleh Ukraina setelah berkonsultasi dengan sekutunya, lolos dengan suara 141-7, dengan 32 suara abstain.

Kerjasamanya dengan Iran dan Rusia Disebut Sumber Kejahatan oleh AS, China Murka

VIVA Militer: Konvoi tank Angkatan Bersenjata Ukraina di Luhansk

Photo :
  • ecfr.eu

Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba mengatakan pemungutan suara itu menjadi lebih banyak bukti bahwa tidak hanya Barat yang mendukung negaranya.

Deretan Negara yang Dianggap Paling Siap Hadapi Perang Dunia 3

"Pemungutan suara ini menentang argumen bahwa global selatan tidak memihak Ukraina. Banyak negara yang mewakili Amerika Latin, Afrika, Asia memberikan suara mendukung," kata Kuleba, dikutip dari AP, Jumat, 24 Februari 2023.

Sebagai informasi, Majelis Umum telah menjadi badan PBB terpenting yang berurusan dengan Ukraina karena Dewan Keamanan, yang bertugas menjaga perdamaian dan keamanan internasional.

Resolusi Majelis Umum tidak mengikat secara hukum, tidak seperti resolusi Dewan Keamanan, tetapi relosusi itu bertugas sebagai barometer opini dunia.

Sekjen PBB Antonio Guterres berbicara pada Sidang Majelis Umum PBB di New York.

Photo :
  • Dok. PBB

Tujuh negara yang memberikan suara menentang resolusi pada hari Kamis itu adalah Belarusia, Nikaragua, Rusia, Suriah, Korea Utara, Eritrea, dan Mali, yang telah mengembangkan hubungan militer yang erat dengan Moskow.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya