Pelajar Kulit Putih Gugat Perguruan Tinggi Kulit Hitam Universitas Howard atas Diskriminasi Rasial

Howard University
Sumber :
  • nypost.com

VIVA Dunia – Seorang mahasiswa kulit putih di sekolah hukum Universitas Howard menggugat institusi tersebut atas tuduhan diskriminasi rasial, menuduh sekolah tersebut menciptakan "lingkungan pendidikan yang tidak bersahabat".

10 Kampus Bisnis Terbaik Dunia Tahun 2024

Michael Newman, penggugat, kuliah di Howard University School of Law mulai semester musim gugur 2020 dan tinggal di sana hanya selama dua tahun sampai dia dikeluarkan pada September 2022. Dia menuntut ganti rugi sebesar $2 juta dolar atau Rp.30 miliar rupiah untuk “rasa sakit, penderitaan, kesedihan emosional dan merusak reputasinya,” melansir New York Post. 

Frank Tramble, Wakil Presiden dan Chief Communications Officer untuk Universitas Howard, mengatakan bahwa meskipun dia tidak dapat berkomentar “secara substantif” karena litigasi yang tertunda, universitas “bersiap untuk membela diri dengan penuh semangat dalam gugatan ini karena klaim tersebut memberikan penilaian sepihak dan mandiri. menyajikan narasi peristiwa yang mengarah ke akhir pendaftaran siswa di Universitas," menurut pernyataan. 

Kasus Penganiayaan Sesama Mahasiswi di Karawaci, Korban Minta Tersangka Dihukum Berat

ilustrasi rasisme

Photo :
  • U-Report

Newman menderita "depresi, kecemasan, dan pikiran untuk bunuh diri" sebagai akibat dari "pengasingan, fitnah, dan penghinaan publik," klaim gugatan itu. Pada satu titik, Global Head of Diversity Recruiting Reggie McGahee diduga memberi tahu Newman bahwa dia telah menjadi siswa yang paling dibenci McGahee selama masa jabatannya di universitas, menurut gugatan itu.

Program Beasiswa Kuliah S1 di Jepang, Bebas Biaya dan Dapat Uang Saku Rp12 Juta Perbulan

Ketika Newman menyampaikan keprihatinan atas perlakuannya kepada administrator sekolah, dekan sekolah hukum tersebut diduga menyangkal bahwa siswa Kaukasia di Howard Law, dan Newman khususnya, menghadapi diskriminasi rasial sampai tingkat tertentu.

Menyusul diskusi tentang dugaan ketidakpekaan rasial Newman, siswa lain mengetahui tentang tweet dari akun Twitter pribadi Newman yang menyertakan gambar seorang budak kulit hitam yang memamerkan punggungnya yang terluka parah dengan tulisan, “Tapi kami tidak tahu apa yang dia lakukan sebelum foto itu diambil, ” menurut gugatan itu.

Newman mengklaim tweet itu mengejek komentator yang berusaha menjelaskan video kebrutalan polisi dengan mengklaim bahwa korban pasti telah melakukan kesalahan sebelum video dimulai. Dia menuduh bahwa mahasiswa lainnya menanggapi dengan merujuk pada ras, jenis kelamin, preferensi seksual, usia, dan penampilan pribadinya.

Howard University

Photo :
  • nypost.com

Masalahnya dimulai ketika universitas beralih ke pembelajaran jarak jauh pada awal pandemi, yang berarti para mahasiswa berkomunikasi melalui forum online murni dan melalui obrolan GroupMe, kata Newman dalam dokumen pengadilan.

Setelah simposium yang menampilkan pembicara Afrika-Amerika menjelang pemilihan 2020, Newman mengatakan dia memposting di halaman forum profesor menanyakan apakah dialog lebih lanjut dapat dilakukan tentang “apakah: (1) pemilih kulit hitam tidak mempertanyakan beralih ke pemerintah untuk solusi, dan (2) dengan andal memberikan suara untuk partai yang sama setiap pemilihan membuat kedua belah pihak tidak bersemangat untuk menanggapi kebutuhan komunitas kulit hitam.

Beberapa siswa menanggapi secara negatif postingan Newman dan menghubungi administrator sekolah, mendorong penghapusan Newman dari salah satu obrolan grupnya untuk kelas tersebut, menurut tuduhan tersebut.

Dekan Sekolah Hukum Danielle Holley kemudian diam-diam merekam pertemuan Zoom dengan Newman dan McGahee, di mana dia menyarankan Newman pindah ke sekolah lain, menuduhnya melecehkan teman sekelasnya secara rasial, menurut tuduhan itu.

Ilustrasi mahasiswa

Photo :
  • U-Report

Holley dan Newman akhirnya mengajukan keluhan secara bersamaan, dengan Holley menuduh Newman melakukan "pelecehan berkelanjutan terhadap anggota komunitas Howard Law, dan gangguan lingkungan belajar di School of Law." 

Pada saat yang sama, Newman mengklaim Holley telah membuat "ancaman", "diskriminasi", dan "lingkungan akademik yang tidak bersahabat”.

Pengacara yang mewakili Newman mengajukan gugatan di pengadilan federal.

Hal ini menjadi kasus yang “agak unik”, karena menurut data, tuntutan biasanya datang dari mahasiswa kulit hitam yang menghadapi rasisme dari mahasiswa atau sekolah dengan mayoritas kulit putih.  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya