CIA Tuding China Sedang Pertimbangkan Kirim Senjata ke Rusia

VIVA Militer: Ledakan di Ukraina akibat serangan rudal Kh-101 militer Rusia
Sumber :
  • apa.az

VIVA Dunia – Direktur CIA, William Burns, mengatakan China sedang mempertimbangkan mengirimkan peralatan perang mematikannya ke Rusia untuk membantu perang di Ukraina.

Presiden Raeisi Ancam Lenyapkan Israel Jika Berani Gempur Iran

"Kami yakin bahwa pemimpin China sedang mempertimbangkan bantuan peralatan mematikan," ujar Burns dalam wawancara dengan program "Face The Nation" pada NBC, Minggu waktu setempat.

Namun, pernyataan Burns tidak dapat dibuktikan karena China belum memastikan keputusannya. Dia juga tidak melihat bukti apa pun soal pengiriman bantuan senjata China.

Harga Diri Apple sedang Dipertaruhkan

VIVA Militer: Konvoi tank Angkatan Bersenjata Federasi Rusia di Ukraina

Photo :
  • dw.com

Meski demikian, Burns menyampaikan Menteri Luar Negeri AS Anthony Blinken dan Presiden Joe Biden harus menegaskan konsekuensi jika langkah itu benar-benar terjadi. Ketika ditanya mengapa Beijing mau mempertaruhkan hubungannya dengan AS dan Eropa, Burns menjawab, "Itulah kenapa saya sangat berharap China tidak melakukannya."

5 Negara Pemegang Hak Veto di PBB, Keputusan Internasional Ada di Tangan Mereka

Sebelumnya, Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih Jake Sullivan pada Minggu menandaskan adanya konsekuensi serius jika China mengirimkan senjata ke Rusia untuk perang di Ukraina. “Dari sudut pandang kami, perang ini sebenarnya membuat Beijing menghadapi komplikasi serius.

Dan Beijing harus membuat keputusan tentang bagaimana kelanjutannya, apakah akan memberikan bantuan militer atau tidak,” kata Sullivan kepada CNN.

“Namun, jika (China) menempuh jalan itu maka akan membuat China rugi besar. Dan saya kira para pemimpin China mau mempertimbangkan hal itu saat membuat keputusan,” pungkas Sullivan. (Ant/Antara)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya