Setahun Perang, Wilayah Bakhmut Ukraina Jadi Titik Perang Sengit Lawan Rusia

VIVA Militer: Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky
Sumber :
  • rnz.nz

VIVA Dunia – Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan bahwa situasi di kota Bakhmut, garis depan timur, menjadi semakin parah dan sulit. Pasukan Rusia telah mencoba merebut kota itu selama lebih dari enam bulan.

AS Gelontorkan Lagi Rp 420 Triliun Lebih untuk Perang Israel di Gaza

"Musuh terus-menerus menghancurkan segala sesuatu yang dapat digunakan untuk melindungi posisi kita," kata Zelensky, dikutip dari BBC Internasional, Selasa, 28 Februari 2023.

Pernyataan pemimpin Ukraina itu disampaikan saat Menteri Keuangan Amerika Serikat (AS) Janet Yellen, memperingatkan China agar tidak mempersenjatai Rusia selama kunjungan ke Kiev pada Senin, 27 Februari 2023.

Menhan AS Ucapkan Selamat ke Prabowo Usai Ditetapkan Sebagai Presiden Terpilih

Peta wilayah Ukrain yang diduduki Rusia (warna merah)

Photo :
  • Dok BBC

Beberapa pertempuran paling sengit yang terjadi, sejak Rusia menginvasi Ukraina, telah terjadi di Bakhmut, di wilayah Donetsk Ukraina, yang sebagian berada di bawah kendali Rusia dan sekutu separatisnya.

Terkuak 5 Kejadian yang Terjadi di Dunia Dikaitkan Ketakutan soal Kiamat

Pemimpin separatis Republik Rakyat Donetsk yang memproklamirkan diri, Denis Pushilin, mengatakan bahwa hampir semua jalan ke kota itu di bawah kontrol tembakan Rusia.

Berbicara tentang situasi dalam pidato malamnya, Presiden Zelensky mengatakan berhasil mendapatkan sebagian wilayah di Bakhmut, dan memastikan pertahanannya tetap kuat melawan serangan baru Rusia. Dia juga berterima kasih kepada setiap orang yang dengan gagah berani mempertahankan area tersebut.

"Saya menyerukan agar pesawat tempur modern dikirim agar seluruh wilayah negara kita dapat dipertahankan dari teror Rusia."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya