26 Korban Tewas Akibat Tabrakan Kereta di Yunani

Tabrakan kereta di Yunani
Sumber :
  • AP

VIVA Dunia – Sebuah kereta penumpang dan kereta barang yang melaju bertabrakan dalam kecelakaan yang berapi-api di Yunani utara Rabu pagi, 1 Maret 2023. Kata pejabat Dinas Pemadam Kebakaran, insiden tersebut menewaskan 26 orang dan melukai sedikitnya 85 orang.

Terungkap, Penyebab Tewasnya Wanita Muda yang Ditemukan Mengambang Di Kali Mookervart Cengkareng

Beberapa gerbong tergelincir dan setidaknya tiga terbakar setelah tabrakan di dekat Tempe, sekitar 380 kilometer (235 mil) utara Athena. 

Pejabat rumah sakit di kota terdekat Larissa mengatakan sedikitnya 25 orang mengalami luka serius. 

Kasus Penganiayaan Sesama Mahasiswi di Karawaci, Korban Minta Tersangka Dihukum Berat

“Proses evakuasi sedang berlangsung dan dilakukan dalam kondisi yang sangat sulit karena parahnya tabrakan antara dua kereta,” kata juru bicara Dinas Pemadam Kebakaran Vassilis Varthakoyiannis dikutip dari ABC News. 

Tabrakan kereta di Yunani

Photo :
  • AP
Gegara Pulang Awal saat Lebaran Tanpa Izin Suami, Istri Tewas Alami KDRT

Lebih lanjut, unit rumah sakit yang digunakan untuk merawat korban luka bakar telah disiagakan di daerah tersebut dan puluhan ambulans terlibat dalam upaya penyelamatan. Tim penyelamat bekerja dalam asap tebal, menarik potongan logam yang hancur dari gerbong rel untuk mencari orang yang terjebak. 

Penumpang yang mengalami luka ringan atau tidak terluka diangkut dengan bus ke Thessaloniki, 130 kilometer (80 mil) utara dari tempat kejadian. 

Polisi mencatat nama mereka saat mereka tiba untuk melacak siapa saja yang mungkin hilang. Seorang remaja yang selamat yang tidak menyebutkan namanya mengatakan kepada wartawan Yunani ketika dia turun dari salah satu bus bahwa sesaat sebelum kecelakaan, dia merasakan pengereman yang kuat dan melihat percikan api dan kemudian tiba-tiba berhenti. 

“Gerbong kami tidak tergelincir, tetapi yang di depan tergelincir dan hancur,” katanya, tampak terguncang. 

Dia menambahkan bahwa gerbong pertama terbakar dan dia menggunakan tas untuk memecahkan jendela gerbongnya, yang keempat, dan melarikan diri. Dalam komentarnya di televisi pemerintah, Costas Agorastos, gubernur wilayah Thessaly, menggambarkan tabrakan itu "sangat kuat" dan mengatakan itu adalah "malam yang mengerikan". 

Gubernur menambahkan bahwa derek dan "alat pengangkat khusus" datang untuk membersihkan puing-puing dan mengangkat gerbong kereta. 

“Ada puing-puing yang terlempar di sekitar lokasi kecelakaan," katanya.

Pejabat pemerintah mengatakan tentara telah dihubungi untuk membantu penyelamatan. Kereta Hellenic, operator kereta api, mengatakan kereta penumpang, yang menuju utara dari Athena ke kota utara Thessaloniki, membawa sekitar 350 penumpang saat tabrakan terjadi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya