AS Jual Senjata ke Taiwan dengan Harga Fantastis

Taiwan mengatakan pihaknya menyambut baik penjualan senjata AS pertama tahun ini.
Sumber :
  • ndtv.com

VIVA Politik – AS telah menyetujui penjualan senjatanya ke Taiwan sebesar US$619 juta atau setara dengan Rp9,4 triliun. Hal itu disampaikan secara langsung oleh Pentagon, pada Rabu, 1 Maret 2023.

Sejarah Tercipta Thomas Cup dan Uber Cup, Sempat Tertunda Gegara Perang Dunia II

Langkah yang diambil AS ini kemungkinan akan membuat Beijing marah, mengingat bahwa hubungan keduanya kembali mendingin setelah konflik di Taiwan dan balon mata-mata China yang masuk wilayah udara AS.

Paket penjualan itu diketahui mencakup 100 AGM-88B High-Speed ??Anti-Radiation Missiles (HARM), 200 AIM-120C-8 Advanced Medium Range Air-to-Air Missiles (AMRAAM), dan peluncur serta rudal dummy untuk pelatihan, kata Pentagon dalam sebuah pernyataannya.

Mobil Listrik Baru BYD Bakal Rilis, Pakai Nama Singa Laut

"Penjualan tersebut akan meningkatkan kemampuan Taiwan untuk menyediakan pertahanan wilayah udaranya, keamanan regional, dan interoperabilitas dengan Amerika Serikat," kata AS, dikutip dari NDTV, Kamis, 2 Maret 2023.

Harga Diri Apple sedang Dipertaruhkan

Sebagai informasi, hubungan Taiwan dan Beijing juga tidak membaik dikarenakan negara itu telah memerintah sendiri selama lebih dari tujuh dekade, dan Beijing menganggapnya sebagai provinsi pemberontak.

Mengenai penjualan senjata yang dilakukan AS, Taiwan menyambut baik penjualan pertama tahun ini selama masa jabatan Presiden AS Joe Biden.

VIVA Militer: Armada jet tempur Angkatan Udara Taiwan

Photo :
  • taiwannews.com.tw

“Dalam menghadapi ekspansi militer China yang terus berlanjut dan perilaku provokatif, Taiwan akan terus secara aktif meningkatkan kemampuan pertahanan dirinya,” pungkas juru bicara Kementerian Luar Negeri Jeff Liu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya