Viral Ziarah ke Mekah-Madinah Ditutup 7 Maret, KJRI Jeddah: Tidak Ada Penutupan

Suasana jemaah haji Indonesia di Terminal Syib Amir Mekah
Sumber :
  • MCH 2019

VIVA Dunia – Belum lama ini, sebuah video viral di media sosial Tiktok, yang menjelaskan informasi adanya penutupan ziarah ke Mekah dan Madinah pada 7 Maret 2023 hingga Hari Raya Idul Fitri.

Setelah 9 Tahun, Jemaah Haji Iran Akhirnya Diperbolehkan Datang ke Mekah

Namun, setelah ditelusuri, informasi tersebut tidaklah benar.

Konsul Haji KJRI Jeddah, Nasrullah Jasam mengatakan bahwa informasi penutupan ziarah di Mekah dan Madinah itu tidak benar. 

Kementerian Haji Meminta Jemaah Umrah Harus Keluar dari Arab Saudi pada 6 Juni

"Tidak ada penutupan ziarah, baik di Mekah maupun Madinah. Tempat-tempat ziarah juga tidak ditutup," tegas Nasrullah Jasam melalui pesan singkat dari Jeddah, Jumat, 3 Maret 2023.

Nasrullah juga sudah melakukan klarifikasi terkait informasi penutupan itu kepada Wakil Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi bidang Ziarah. 

Terkuak 5 Kejadian yang Terjadi di Dunia Dikaitkan Ketakutan soal Kiamat

Masjid Nabawi di Kota Madinah Arab Saudi

Photo :
  • SPA

Menurutnya, informasi yang benar bukan adanya penutupan ziarah, melainkan pengumuman salah satu perusahaan transportasi di Arab Saudi yang menghentikan layanan ziarahnya.

"Ada perusahaan transportasi yang mengumumkan menghentikan layanan ziarah mulai 7 Maret karena keterbatasan armada dan tenaga driver, serta pertimbangan kemacetan," ujarnya.

"Jadi bukan penutupan tempat ziarah di Mekah dan Madinah, tapi ada pemberitahuan dari perusahaan transportasi terkait ketidakmampuan mereka memberikan layanan ziarah," tambahnya.

Nasrullah memastikan, sampai saat ini layanan terhadap jemaah umrah dari berbagai negara, termasuk Indonesia, tetap berjalan seperti biasa. 

Berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, jumlah jemaah umrah terus meningkat, terutama pada bulan Suci Ramadhan.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya