Kamp Pengungsi Rohingya di Bangladesh Kebakaran, Ribuan Orang Kehilangan Tempat Tinggal

Ilustrasi kebakaran.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Dunia – Kebakaran besar terjadi di sebuah kamp pengungsi yang padat untuk Muslim Rohingya, di Bangladesh selatan, Minggu, 5 Maret 2023. 

Mobil Sedan Ludes Hangus Terbakar di SPBU Ngadirojo Wonogiri, Polisi Langsung Olah TKP

Seorang petugas pemadam kebakaran dan Perserikatan Bangsa-Bangsa mengatakan, kebakaran itu menyebabkan ribuan orang kehilangan tempat tinggal.

"Dalam insiden tersebut, tidak ada korban jiwa yang dilaporkan di kamp Balukhali di distrik Cox's Bazar," kata Emdadul Haque, seorang petugas pemadam kebakaran.

Terkuak, Toko Frame Mampang yang Alami Kebakaran Maut Tidak Punya Pintu Darurat

UNHCR di Bangladesh mengatakan dalam sebuah cuitan, relawan pengungsi Rohingya segera membantu untuk memadamkan kebakaran tersebut dan mitranya memberikan dukungan kepada pengungsi Rohingya.

Pemadam kebakaran (Foto ilustrasi)

Photo :
  • Ridwan Putra/VIVA.co.id
Kebakaran Pabrik Rotan di Cirebon, Kerugian Capai Rp10 Miliar

Dilansir dari AP, Senin, 6 Maret 2023, sebagai informasi, lebih dari 1 juta pengungsi Rohingya telah melarikan diri ke Bangladesh dari Myanmar selama beberapa dekade.

Diketahui sekitar 740.000 orang melintasi perbatasan mulai Agustus 2017, ketika militer Myanmar melancarkan tindakan brutal kepada Muslim Rohingya.

Kondisi di Myanmar semakin memburuk sejak militer mengambil alih pada tahun 2021, dan upaya untuk mengirim kembali para pengungsi ke negaranya terus-menerus gagal.

Tahun lalu, Amerika Serikat (AS) mengatakan penindasan terhadap Rohingya di Myanmar sama dengan genosida setelah pihak berwenang AS mengonfirmasi laporan tentang kekejaman massal terhadap warga sipil oleh militer dalam kampanye sistematis terhadap etnis minoritas.  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya