Menlu Rusia Ditertawakan Saat Pertemuan G20 di India

Menteri Luar Negeri Rusia, Sergey Lavrov di KTT G20 Bali
Sumber :
  • Bay Ismoyo/Pool Photo via AP

VIVA Dunia – Sebuah video memperlihatkan Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov ditertawakan setelah mengklaim bahwa Ukraina yang harus disalahkan atas invasi Rusia baru-baru ini telah menjadi viral di sosial media.

Bukan Hanya Palestina, Ini 9 Negara yang Belum Diakui Keanggotannya oleh PBB

Dalam sebuah acara di New Delhi, di mana dia mengambil bagian dalam pembicaraan di antara kelompok negara-negara G20, Lavrov berjuang untuk mengakhiri sikap yang memberikan pandangan berbeda tentang penyebab perang, daripada konsensus internasional bahwa Rusia meluncurkan invasi tak beralasan pada Februari tahun lalu.

Dalam sesi yang merupakan bagian dari serial "Dialog Raisina 2023", Lavrov ditanyai oleh salah satu penonton bagaimana perang memengaruhi strategi energi Rusia. "Perang yang kami coba hentikan, dan yang diluncurkan, justru mereka (Ukraina) yang melawan kami," kata Lavrov, sebelum tawa terdengar di antara hadirin.

Pemerintah Harus Antisipasi Kebijakan Ekonomi-Politik Imbas Perang Iran-Israel

VIVA Militer: Konvoi tank Angkatan Bersenjata Federasi Rusia di Ukraina

Photo :
  • dw.com

Lavrov berhenti sebentar dan terlihat bingung ketika dia mencoba melanjutkan.

Indonesia Sesalkan Palestina Gagal Jadi Anggota Penuh PBB Karena Veto AS

Melansir dari Newsweek, Senin, 6 Maret 2023, India sendiri, merupakan negara yang menolak untuk mengkritik Moskow atas invasinya ke Ukraina dan pada gilirannya mendapat keuntungan dari peningkatan perdagangan dengan Rusia.

Bulan lalu, mereka abstain dari pemungutan suara Majelis Umum PBB yang mengutuk agresi Rusia, sebuah sikap yang diambil setelah resolusi PBB sebelumnya. Kremlin berharap India akan mempertahankan pendiriannya, meskipun Delhi telah menyerukan negosiasi untuk mengakhiri perang.

Hingga Sabtu, 4 Maret 2023, klip video tersebut telah ditonton lebih dari satu juta kali dan memicu banyak komentar di media sosial. "Ini lucu. Dan memalukan," cuit Konstantin Sonin, seorang ekonom kelahiran Rusia yang merupakan profesor di Fakultas Kebijakan Publik Universitas Chicago Harris.

"Diplomat Rusia berpikir bahwa kebohongan, yang mereka gunakan untuk memberi makan fantasi Putin, justru dianggap sebagai kebohongan oleh orang lain," tambah Sonin.

Wartawan dan pengamat Rusia Julia Davis menulis, "tawa sekeras itu harus terdengar di Moskow."

VIVA Militer: Serangan artileri roket militer Rusia di Ukraina

Photo :
  • dailymail.co.uk

"Joker, atau badut. Seorang pelawak adalah karakter lucu yang ditemukan di sirkus sementara pelawak adalah orang yang dipekerjakan untuk menghibur tuannya," cuit utusan Ukraina untuk PBB, Sergiy Kyslytsya, yang menambahkan bahwa sikap Lavrov sungguh memalukan.

Penasihat urusan dalam negeri Ukraina Anton Geraschchenko mengatakan bahwa ”Lavrov mengulangi cerita favorit Rusia di New Delhi - 'kami (Rusia) mencoba untuk menghentikan perang yang diluncurkan terhadap kami'. Anda dapat dengan jelas mendengar penonton menertawakannya."

Insiden itu terjadi ketika kepala kelompok tentara bayaran Wagner yang berjuang untuk Moskow, Yevgeny Prigozhin, mengklaim bahwa pasukannya telah mengepung Bakhmut, kota Donetsk yang menjadi pusat pertempuran sengit sejak Agustus.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya