PM Yunani Minta Maaf, Sebut Kecelakaan Kereta yang Tewaskan 57 Orang Sebagai Kesalahan Negara

Gerbong kereta di Yunani yang mengalami kecelakaan maut pada Rabu, 1 Maret
Sumber :
  • AP Photo/Giannis Papaniko

VIVA – Perdana Menteri (PM) Yunani, Kyriakos Mitsotakis, pada Minggu 5 Maret 2023, meminta maaf atas "kesalahan negara" menyusul insiden kecelakaan kereta terburuk di negara itu yang menewaskan 57 orang dan melukai puluhan lainnya.

Langit Yunani Tiba-tiba Berubah Jadi Oranye, Ini Penyebabnya

"Sebagai perdana menteri, saya berutang kepada semua orang, tetapi yang terutama kepada kerabat para korban, saya menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya. Baik secara pribadi, maupun atas nama semua orang yang duduk di pemerintahan negara ini selama bertahun-tahun," katanya dalam sebuah pernyataan pers, seraya menambahkan bahwa pemerintah "seharusnya tidak bersembunyi di balik kesalahan manusia."

Seorang kepala stasiun telah ditahan dan didakwa melakukan pembunuhan atas kelalaian yang mengakibatkan tabrakan langsung antara kereta penumpang dengan kereta barang di Yunani tengah pada Selasa (28/2) malam waktu setempat pekan lalu. Kedua kereta telah melaju beberapa kilometer di jalur yang sama dengan arah berlawanan.

7 Destinasi Lokasi Syuting Film dengan Budget Besar yang Wajib Dikunjungi di Dunia

Tabrakan kereta di Yunani

Photo :
  • AP

Pemerintah akan meminta Komisi Eropa dan negara-negara anggota Uni Eropa (UE) lainnya untuk membantu memberikan pengetahuan, serta dana tambahan Eropa untuk meningkatkan sistem perkeretaapian Yunani, ujarnya.

Gegara Gurun Sahara, Langit Yunani jadi Oranye bak di Planet Mars

Pada Minggu yang sama, ribuan orang melakukan protes di depan parlemen dalam aksi unjuk rasa yang digelar oleh partai politik dan serikat buruh, lapor kantor berita nasional Yunani AMNA sebagaimana dikutip Xinhua. (Ant/Antara)

Ilustrasi asuransi.

MPMInsurance Ungkap Perlindungan Asuransi Kecelakaan yang Banyak Orang Belum Tahu

Saat jalan raya semakin ramai dan kondisi berkendara semakin sulit, kemungkinan terjadinya tabrakan berpotensi meningkat. Asuransi dibutuhkan.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024