Makin Melek Hukum Investasi dan Properti, Uzbekistan Bentuk Pengadilan Niaga Internasional

Ilustrasi pengadilan.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Dunia – Negara Asia Tengah, Uzbekistan baru-baru ini menunjukkan keseriusan negaranya tentang hukum properti dan investasi

Gibran Bereskan Pekerjaan Wali Kota usai Putusan MK, Siapkan Investasi Kecerdasan Buatan

Melalui pidatonya kepada rakyat Uzbekistan dan Oliy Majlis (Parlemen Uzbekistan), Presiden Shavkat Mirziyoyev menyebutkan bahwa di Uzbekistan, yang melindungi properti dan investasi bukanlah gubernur atau menteri, tetapi hanya Konstitusi, hukum, dan pengadilan. 

Karena hal ini, akhirnya diberlakukan tindakan nyata yaitu pembentukan Pengadilan Niaga Internasional di Uzbekistan. Demikian menurut Kedutaan Besar Uzbekistan, dalam keterangannya yang diterima VIVA pada Senin, 6 Maret 2023. 

Bos Indodax Ungkap Langkah Krusial agar Cuan Kelola Aset Kripto

Bendera Uzbekistan

Photo :

Tak hanya gerakan bias, namun tindakan hukum normatif Republik ditujukan, antara lain, untuk melindungi hak milik, memperkuat jaminan dan kepentingan sah warga negara secara lebih lanjut di bidang ini, implementasi program negara dan proyek investasi yang efektif untuk menciptakan kondisi kehidupan yang sejahtera bagi para penduduk.

Arab Saudi Dirikan Maskapai Baru, Rute Riyadh-Afrika Akan Terealisasi

Strategi Peningkatan kualitas Sistem Peradilan ke level yang baru pada tahun 2023-2026 juga telah disetujui, dengan Keputusan Presiden “Tentang langkah-langkah tambahan untuk memperluas akses lebih jauh terhadap keadilan dan meningkatkan efektivitas kerja pengadilan” disahkan pada tanggal 16 Januari 2023 silam. 

Sesuai dengan strategi, tugas-tugas yang menjadi prioritas adalah memastikan terwujudnya keadilan berupa:

  •  Membentuk sistem peradilan yang benar-benar adil berdasarkan gagasan "Atas nama kehormatan dan martabat manusia" dan mengarahkan kegiatannya kepada perlindungan yang efektif terhadap kepentingan rakyat dan martabat manusia;
  • Memperkuat kepercayaan rakyat, termasuk di dalamnya para pelaku usaha, terhadap sistem peradilan dengan cara melakukan putusan peradilan yang adil, menegaskan citra pengadilan dan hakim sebagai pelindung yang dapat diandalkan bagi setiap warga negara;
  • Mengembangkan undang-undang yang bertujuan untuk menciptakan semua peluang bagi warga negara dan pelaku usaha dengan melindungi hak dan kepentingan sah mereka di pengadilan, mengimplementasikan sepenuhnya prinsip-prinsip persaingan dan kesetaraan seluruh pihak dalam proses hukum, memastikan objektivitas pengadilan dalam praktik dan tugas-tugas lainnya.

Ilustrasi Pengadilan.

Photo :
  • Pixabay

Sistem peradilan, yang terdiri dari Mahkamah Konstitusi, pengadilan untuk kasus perdata, pidana, pengadilan ekonomi dan administrasi, menerapkan keadilan sesuai dengan Hukum Dasar dan Hukum Republik Uzbekistan tentang pengadilan. 

Sudah seharusnya juga pihak Uzbekistan membentuk Pengadilan Niaga Internasional. 

Namun, Pengadilan Niaga Internasional bukan hanya inovasi bagi negara Uzbekistan saja. Baru-baru ini, negara-negara dengan reputasi sebagai pusat penyelesaian sengketa komersial, seperti Singapura, telah membentuk badan yang sama, kompetensinya meliputi pertimbangan dan penyelesaian sengketa perdagangan dan investasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya