Kapal Diawaki 6 WNI Terbalik di Perairan Jepang

Ilustrasi pencarian kapal hilang/tenggelam.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Dunia – Sebuah kapal penangkap ikan yang diawaki tujuh anak buah kapal, termasuk enam WNI, terbalik di perairan dekat Kepulauan Sinkaku, Okinawa, Jepang, pada Minggu 5 Maret 2023 pukul 13.30 waktu setempat.

Verrell Bramasta Pamer Momen Liburan ke Jepang, Boyong Ibunda Usai Lebaran

Berdasarkan laporan Pasukan Bela Diri Maritim Jepang kepada penjaga pantai setempat, lokasi kejadian berjarak sekitar 150 km arah utara Pulau Ishigaki di Prefektur Okinawa dan sekitar 40 km sebelah timur Pulau Kuba di Kepulauan Senkaku.

“Empat kapal patroli telah dikerahkan tetapi hingga saat ini keseluruhan awak kapal belum diketahui keberadaannya,” kata Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia (BHI) Kementerian Luar Negeri Judha Nugraha melalui pesan singkat, Senin 6 Maret 2023.

Honda Siapkan Fasilitas Produksi Mobil Listrik

Direktur Perlindungan WNI Kemlu Judha Nugraha

Photo :
  • Zoom Meeting Kemlu RI

Heru Budi Tegaskan ASN DKI Tak Ada WFH: Media Saja Masuk

Judha menjelaskan KBRI Tokyo terus berkoordinasi dengan Penjaga Pantai Jepang dan Pasukan Bela Diri Jepang untuk mendapatkan detil operasi SAR.

Secara khusus, Menlu RI yang sedang berada Tokyo untuk menghadiri Dialog Strategis ke-8 Indonesia-Jepang, telah berbicara dengan Menlu Jepang untuk meminta dukungan agar Jepang  mengerahkan aset kapal dan pesawat guna mencari para ABK.

“Dalam perkembangan terakhir, telah ditemukan satu jenazah. Saat ini masih dilakukan proses identifikasi,” tutur Judha.

Kapal tersebut juga diawaki seorang warga Taiwan, sehingga Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) di Taipei berkoordinasi dengan otoritas Taiwan soal informasi detail mengenai awak dan kapal yang terkena musibah tersebut. (Ant/Antara)

Presiden Iran Ebrahim Raisi dan PM Israel Benjamin Netanyahu

5 Negara yang Bakal Jadi Medan Perang Jika Perang Dunia III Pecah, Indonesia Gimana?

Isu tentang kemungkinan terjadinya konflik bersenjata secara global atau perang dunia III selalu jadi topik yang sensitif dan sering kali memicu diskusi yang sengit.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024