Perang Rusia-Ukraina Memanas, Putin Malah Beli Apartemen Ratusan Miliar untuk Kekasihnya

Vladimir Putin dan Alina Kabaeva
Sumber :
  • Wales Online

VIVA Dunia – Presiden Rusia Vladimir Putin dikabarkan baru saja membelikan kekasihnya apartemen mewah, yang terbesar di Rusia dan sebuah rumah kayu mewah jauh di pedesaan, menurut sebuah penyelidikan.

Dave Laksono Sebut Partainya Vladimir Putin Puji Airlangga Hartarto Menangkan Golkar di Pemilu 2024

Sebuah laporan oleh Project, situs web oposisi Rusia yang dilarang oleh Kremlin, menuduh bahwa Putin, yang kini berusia 70, menyalurkan miliaran dana terlarang ke properti untuk pacarnya yang berusia 39 tahun, Alina Kabaeva, yang mana adalah seorang gymnast atau pesenam.

Kabaeva, yang disebut "ratu Rusia yang tidak bermahkota", diyakini telah menjalin hubungan dengan presiden Rusia sejak awal tahun 2000-an, termasuk saat dia masih menikah. 

Ngeri, Baba Vanga dalam Ramalannya Sebut Putin Dibunuh Tahun 2024

Presiden Rusia, Vladimir Putin bersama Alina Kabaeva, mantan pesenam Olimpiade.

Photo :
  • The Straits Times.

Wanita berusia 39 tahun itu adalah peraih medali emas Olimpiade dan secara luas diyakini sebagai ibu dari setidaknya tiga anak termuda Putin.

Tempat Latihan Manchester United Jadi Lokasi Investigasi Pembunuhan

Melansir Independent, properti itu termasuk sebuah penthouse mewah seluas 2.600 meter persegi di Sochi, kota resor Rusia di Laut Hitam yang menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin 2014.

Penthouse terdaftar atas nama Oleg Rudnov, sekutu Putin, dan memiliki 20 kamar, bioskop pribadi, kolam renang, helipad atap, zona spa, dan halaman relaksasi ala Jepang.

Sejumlah properti lainnya terdaftar atas nama kerabat Kabaeva, termasuk neneknya, Anna Zatsepilina, yang menurut Project, memiliki properti senilai hampir £10 juta atau Rp.180 miliar, termasuk rumah bangsawan tiga lantai di daerah elit dekat Moskow dan apartemen di kompleks yang sama dengan penthouse di Sochi.

Mansion mewah Vladimir Putin

Photo :
  • Proekt/east2west news

Sebuah rumah besar yang seluruhnya terbuat dari kayu di dekat rumah besar lain milik Putin dibangun untuk Kabaeva atas perintah Putin, menurut laporan Proyek. Properti itu diyakini sebagai tempat Kabaeva dan anak-anak pasangan itu menghabiskan sebagian besar waktu mereka. Jalur go-kart dan taman bermain anak-anak yang besar telah dibangun di lokasi tersebut, menurut pantauan citra satelit.

Mansion tersebut, dekat Danau Valdai, dikatakan terdaftar pada sebuah perusahaan yang dikendalikan oleh Yury Kovalchuk, seorang miliarder yang terkait dengan Kremlin yang dikenal sebagai bankir pribadi Putin.

Presiden Rusia itu diperkirakan melakukan perjalanan ke properti 250 mil timur laut Moskow, dengan kereta lapis baja yang berangkat dari stasiun kereta api rahasia di ibu kota. Rute tersebut juga digunakan oleh tim asisten Kabaeva, menurut database pemesanan tiket yang bocor.

Kabaeva adalah pendukung vokal invasi Ukraina dan merupakan anggota parlemen di partai Rusia Bersatu Putin yang berkuasa antara 2007-2014. Dia kemudian ditunjuk sebagai kepala Perusahaan Media Nasional dengan gaji tahunan sebesar £7,7 juta, meskipun tidak memiliki pengalaman manajemen media.

Pada Agustus 2022, wanita berusia 39 tahun itu dikenai sanksi oleh AS atas invasi Ukraina. Departemen keuangan membekukan visanya dan memberlakukan pembatasan properti lainnya.

Isi mansion mewah milik Vladimir Putin

Photo :
  • Proekt/east2west news

Laporan Project juga menerbitkan foto-foto yang bocor dari apa yang dikatakan sebagai bagian dalam salah satu tempat persembunyian Putin di Rusia utara. Vila ini dekat dengan rumah kayu yang dibangun untuk Kabaeva dan dikatakan sebagai salah satu properti favorit Putin.

Foto-foto itu menunjukkan kamar tidur dan ruang belajar Putin, serta lampu gantung besar yang dihiasi batu rubi dan daun emas.

Pada tahun 2021 sekutu pemimpin oposisi yang kini dipenjara, Alexei Navalny menuduh bahwa dana negara telah digunakan untuk menyewa properti dari salah satu sekutu terdekat Putin, dan untuk melakukan renovasi besar-besaran.

Penyelidikan juga mengungkap dugaan kepemilikan perusahaan lepas pantai yang terdaftar di Crypto bernama Ermira Consultants. Meskipun firma tersebut secara resmi dimiliki oleh seorang pengacara Rusia bernama Vladislav Kopylov, sumber mengatakan kepada Project bahwa pada kenyataannya firma tersebut adalah milik Putin. 

Perusahaan Crypto itu memiliki rekening di Bank Rossiya, yang pemegang sahamnya termasuk Svetlana Krivonogikh yang menjadi sangat kaya setelah dikabarkan menjadi selingkuhan Putin pada tahun 2000-an.

Vladimir Putin sebelumnya menikah dengan Lyudmila Ocheretnaya, mantan pramugari Aeroflot dan memiliki dua putri dewasa dari pernikahan tersebut. Pasangan tersebut kini telah bercerai.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya