Xi Jinping Frustasi AS Terlalu Menekan Negaranya

Presiden China, Xi Jinping
Sumber :
  • Twitter/@ChinaPresiden

VIVA Dunia – Presiden China Xi Jinping menuduh Amerika Serikat (AS) berusaha mengisolasi negaranya dan menahan pembangunan di negara itu. Karena hal tersebut, Partai Komunis yang berkuasa dan mengejar kemakmuran serta pengaruh global merasa frustasi. Mereka terancam oleh pembatasan akses teknologi oleh AS, dukungannya untuk Taiwan, dan langkah-langkah lain yang dianggap oleh Beijing sebagai permusuhan.

Kerjasamanya dengan Iran dan Rusia Disebut Sumber Kejahatan oleh AS, China Murka

Xi, membuat keluhannya itu semakin mencolok, dengan mengatakan bahwa kampanye penahanan dan penindasan yang dipimpin AS terhadap China telah membawa tantangan berat yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Dia juga meminta masyarakat untuk berani melawan tindakan AS pada negaranya.

Raja Malaysia Jadi Pemilik Pertama Mobil Andalan Xi Jinping

Selain itu, Pada hari Selasa, 7 Maret 2023, Menteri Luar Negeri Qin Gang juga memperingatkan Washington, yang akan menghadapi kemungkinan konflik dan konfrontasi jika tidak merubah tujuan mereka, untuk menjatuhkan Beijing.

“Menteri luar negeri berbicara atas nama pandangan yang dianut secara luas bahwa Amerika Serikat menekan China dan Beijing harus membela diri,” kata John Delury, spesialis hubungan internasional di Universitas Yonsei di Seoul, dikutip dari AP, Kamis, 9 Maret 2023.

China Cegah Pengungkapan Pelanggaran HAM di Tibet dan Xinjiang oleh Media Asing?

China bukanlah satu-satunya pemerintah yang marah atas dominasi Washington dalam urusan strategis dan ekonomi global. Tetapi para pemimpin China melihat Amerika Serikat melakukan upaya ekstra untuk menggagalkan Beijing sebagai penantang kepemimpinan regional dan mungkin global.

Partai yang berkuasa ingin memulihkan peran bersejarah China sebagai pemimpin politik dan budaya, meningkatkan pendapatan dengan mengubah negara tersebut menjadi penemu teknologi, dan menyatukan apa yang dianggapnya tanah air China dengan mengambil kendali Taiwan, pulau demokrasi yang diperintah sendiri oleh Beijing.

Pertemuan bilateral Presiden AS Joe Biden dan Presiden Tiongkok Xi Jinping

Photo :
  • AP Photo/Alex Brandon

Beijing melihat itu sebagai tujuan positif, tetapi pejabat Amerika melihatnya sebagai ancaman. Mereka mengatakan rencana pembangunan China setidaknya sebagian didasarkan pada pencurian atau tekanan perusahaan asing untuk menyerahkan teknologi.

Beberapa memperingatkan persaingan China mungkin mengikis dominasi industri dan pendapatan AS.

Washington juga telah membatalkan rencana Beijing dengan menempatkan perusahaan China termasuk merek teknologi global pertamanya, Huawei, dalam daftar hitam yang membatasi akses ke chip prosesor dan teknologi lainnya.

Hal itu melumpuhkan merek ponsel pintar Huawei, yang pernah menjadi salah satu yang terbesar di dunia.  

Pejabat Amerika telah melobi Eropa dan sekutu lainnya untuk menghindari peralatan Huawei saat mereka meningkatkan jaringan telepon.

Kedua pemerintah memiliki hubungan perdagangan terbesar di dunia dan kepentingan bersama dalam memerangi perubahan iklim dan masalah lainnya. Tetapi hubungan tegang karena Taiwan, perlakuan Beijing terhadap Hong Kong dan sebagian besar etnis minoritas Muslim, dan penolakannya untuk mengkritik atau mengisolasi Rusia atas invasinya ke Ukraina.

Pandangan resmi China juga justru memburuk ketika Xi bertemu Presiden AS Joe Biden pada November di Indonesia, kata Shi Yinhong, spesialis hubungan internasional di Universitas Renmin di Beijing.

Dia mencatat bahwa dalam lima bulan sejak itu, Washington menyetujui lebih banyak penjualan senjata ke Taiwan, mengkritik sikap Beijing terhadap Ukraina dan menempatkan lebih banyak perusahaan China dalam daftar pantauan ekspor, yang semuanya dianggap bermusuhan oleh China.

Inti dari apa yang Xi katakan adalah sikap jangka panjang China.

"Kepemimpinan percaya bahwa Amerika Serikat telah menerapkan hampir semua penahanan China yang drastis dan putus asa dalam segala hal, terutama di bidang strategis dan militer," kata Shi.

“Risiko konflik militer antara China dan Amerika Serikat semakin besar."

Seorang juru bicara Departemen Luar Negeri, Ned Price, mengatakan Washington ingin hidup berdampingan secara bertanggung jawab dalam perdagangan global dan sistem politik, serta membantah keinginan pemerintah AS untuk menekan China.

“Ini bukan tentang menahan China. Ini bukan tentang menekan China. Ini bukan tentang menahan China,” kata Price di Washington.

"Kami ingin memiliki persaingan konstruktif yang adil dan tidak mengarah ke konflik."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya