Sudah Ada Lawan, Oposisi Erdogan Siap Maju di Pilpres Turki Mei Mendatang

Kemal Kilicdaroglu
Sumber :
  • 1Lurer

VIVA Dunia – Pemimpin oposisi Turki, Kemal Kilicdaroglu dinobatkan sebagai “penantang utama” Presiden yang kini berkuasa, Recep Tayyip Erdogan dalam pemilihan presiden dan parlemen pada Mei 2023 mendatang, setelah berhari-hari perselisihan oleh aliansi enam partai atas pencalonan.

PDIP Tak Mau Pusing Mikirin Jokowi dan Gibran yang 'Bakar' Rumahnya Sendiri

“Meja kita adalah meja perdamaian. Satu-satunya tujuan kami adalah membawa negara ini ke masa kemakmuran, kedamaian, dan kegembiraan,” kata Kilicdaroglu, ketua Partai Rakyat Republik (CHP), kepada sekitar 2.000 orang yang berkumpul di Ankara. 

Politisi sosial demokrat berpengalaman itu didukung oleh lima partai kecil dalam aliansi melawan Presiden Erdogan. Melansir Al Jazeera, pencalonannya mengikuti krisis di oposisi Aliansi Bangsa, yang dipimpin oleh Partai Rakyat Republik (CHP), setelah Partai Baik (IYI) sayap kanan, anggota terbesar kedua dan keenam di blok tersebut, menentang pencalonannya, awalnya mengisyaratkan penarikan diri dari aliansi.

Tim Pengawal Anies Pamitan usai Pilpres 2024 Berakhir

Kemal Kilicdaroglu

Photo :
  • 1Lurer

Blok itu mengatakan akan membalikkan banyak kebijakan Erdogan tentang ekonomi, hak-hak sipil, dan urusan luar negeri dalam apa yang dilihat banyak orang sebagai pemilihan paling penting dalam sejarah 100 tahun republik itu.

Pilpres Berakhir, Cak Imin Sebut Timnas Amin Akan Dibubarkan Besok Pagi di Rumah Anies

Kilicdaroglu yang kini berusia 74 tahun, dapat memanfaatkan krisis ekonomi selama bertahun-tahun dan inflasi yang melonjak, serta gempa bumi dahsyat bulan lalu di selatan Turki yang menewaskan lebih dari 46.000 orang dan menimbulkan kritik terhadap tanggapan negara.

Namun ada keraguan bahwa mantan ekonom yang naik pangkat sebagai pejuang korupsi dapat mengalahkan Erdogan, pemimpin terlama Turki yang karisma kampanyenya telah membantunya memenangkan lebih dari selusin kemenangan pemilu.

Kilicdaroglu lahir pada tahun 1948 di timur kota Tunceli sebagai salah satu dari tujuh anak dalam sebuah keluarga dari agama minoritas Alevi. Ayahnya adalah seorang petugas urusan, dan ibunya adalah seorang ibu rumah tangga. Dia lulus dari Akademi Ekonomi dan Ilmu Komersial Ankara (sekarang bernama Universitas Gazi) di ibu kota Turki dengan gelar ekonomi.

VIVA Militer: Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan

Photo :
  • populismstudies.org

Partai Rakyat Demokratik Turki (HDP) yang pro-Kurdi mengatakan akan mendukung Kilicdaroglu dalam pemilihan presiden setelah "pembicaraan yang jelas dan terbuka".

“Harapan kami yang jelas adalah transisi menuju demokrasi yang kuat. Jika kami dapat menyepakati prinsip-prinsip dasar, kami dapat mendukungnya dalam pemilihan presiden,” kata salah satu pemimpin partai, Mithat Sancar dalam siaran langsung di stasiun penyiaran swasta Haberturk.

Oposisi Turki telah bekerja sama lebih erat sejak keberhasilannya mengambil kendali kota-kota besar, termasuk Istanbul dan Ankara, dari Partai AK Erdogan dalam pemilihan lokal 2019. Tetapi perselisihan dalam aliansi oposisi telah menimbulkan keraguan tentang kemampuannya memanfaatkan erosi popularitas Erdogan yang ditunjukkan oleh jajak pendapat. Oposisi telah gagal dalam pemungutan suara nasional sebelumnya untuk menimbulkan tantangan serius bagi Erdogan, yang telah berkuasa selama dua dekade.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya