Asa Keluarga Pesawat Malaysia Air MH370 Setelah Lenyap 9 Tahun

Lokasi jatuh Malaysia Airlines MH370 menurut media Vietnam
Sumber :
  • Tuoitre.vn

VIVA Dunia – Baru-baru ini keluarga dari mereka yang hilang di dalam pesawat Malaysia Airlines penerbangan MH 370 menyerukan kepada pemerintah Malaysia untuk memberikan lampu hijau untuk pencarian lain atas pesawat yang hilang sembilan tahun lalu itu.

Negara Ini Tuduh Iran sebagai Negara Teroris, Kok Bisa?

Hilangnya pesawat yang membawa 12 awak Malaysia dan 227 penumpang dari 14 negara berbeda itu menjadi misteri terbesar dalam dunia penerbangan setelah menghilang di atas Laut China Selatan dalam penerbangan dari Kuala Lumpur menuju Beijing pada 8 Maret 2014.

Puing-puing Pesawat Malaysia Airlines MH370 Ditangkap Satelit

Photo :
  • www.smh.com.au
Diskriminasi Terhadap Perempuan Dalam Pekerjaan Kian Parah di Tiongkok

Setelah pencarian tiga tahun yang dikoordinasikan oleh Malaysia, China, dan Australia dan berakhir pada Januari 2017, tidak ada kesimpulan yang ditarik tentang apa yang terjadi pada penerbangan MH370.

Melansir dari The Guardian, perusahaan robotika kelautan AS Ocean Infinity melakukan pencarian keduadi Samudera Hindia pada tahun 2018, tetapi hingga sekarang tidak memiliki bukti baru yang dapat mengarah pada penemuan pesawat tersebut.

Alasan Kejaksaan Agung Izinkan 5 Smelter Timah Tetap Beroperasi Meski Disita

Kemudian, saat itu Voice370 atau sekelompok kerabat penumpang, mendesak otoritas Malaysia untuk mendukung pencarian lain oleh Ocean Infinity.

"Sementara kerabat terdekat dari penumpang dan awak kapal berusaha untuk membangun kembali kehidupan kita, ancaman terhadap keselamatan penerbangan global tetap menjadi isu hidup," kata kelompok itu dalam sebuah pernyataan yang dikutip dari The Guardian, Kamis, 9 Maret 2023.

“Selama kita tidak mengetahui apa yang terjadi pada MH370, kita tidak akan pernah bisa mencegah tragedi serupa. Oleh karena itu, kami percaya bahwa pencarian MH370 sangat penting dilakukan hingga selesai.”

Oliver Plunkett, kepala eksekutif Ocean Infinity, mengatakan kepada Guardian Australia bahwa perusahaan "secara aktif terlibat" dalam upaya untuk memulai kembali pencarian.

"Pada tahap ini, kami tidak dapat mengatakan dengan pasti kapan pencarian baru akan dilakukan karena diskusi sedang berlangsung dan masih banyak pekerjaan yang harus diselesaikan," kata Plunkett dalam sebuah pernyataan.

Bagian pesawat yang diduga berasal dari MH370

Photo :
  • Twitter

“Kami berharap tim kami yang berpengalaman dan robotika kelautan akan diinstruksikan akhir tahun ini atau pada 2024.” Ujarnya.

Pada acara peringatan MH370 tahunan yang diadakan melalui Zoom minggu ini, Plunkett mengatakan kepada anggota keluarga bahwa dia akan mendekati pemerintah Malaysia “dalam beberapa minggu mendatang” dengan bukti baru – meskipun dia tidak merinci apa yang telah ditemukan perusahaan.

Pemerintah Malaysia telah berulang kali mengatakan tidak akan mendukung pencarian lain kecuali ada bukti baru yang meyakinkan.

“Selama 12 bulan terakhir kami telah membuat kemajuan nyata, bekerja dengan banyak orang untuk meningkatkan pengetahuan kami tentang kejadian di tahun 2014, dan pada akhirnya meningkatkan peluang kami untuk melakukan pencarian yang sukses,” kata Plunkett.

Dia mengatakan perusahaan menawarkan untuk melakukan pencarian berdasarkan "Tidak ditemukan, Tidak ada biaya".

“Kami akan bekerja keras dan berusaha yang terbaik untuk mewujudkannya, dengan dukungan pemerintah Malaysia,” katanya. "Saya sepenuhnya percaya itu adalah ambisi yang realistis."

Menteri transportasi Malaysia, Anthony Loke, menegaskan kembali posisi pemerintah.

“Sejak 2014 Malaysia dan mitra internasional telah mencari jutaan kilometer persegi melalui operasi udara, kapal, dan bawah laut. Sebagai menteri perhubungan, saya tidak akan menutup buku tentang tragedi ini, ”kata Loke.

“Saya tegaskan kembali, posisi pemerintah bahwa pertimbangan akan diberikan untuk operasi pencarian jika ada informasi baru dan kredibel di tempat peristirahatan terakhir pesawat.”

Misteri terus membebani anggota keluarga. KS Narendran, seorang konsultan berbasis di Chennai yang istrinya berada di MH370, mengatakan sekarang adalah waktu untuk "mengingatkan diri kita sendiri tentang urusan yang belum selesai, yaitu mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi".

“Orang-orang yang sangat kita sayangi hilang. Mereka sudah tidak bersama kita lagi,” ujarnya pada acara peringatan tersebut.

“Namun, setelah semua yang telah dilakukan dan dikatakan, kami tidak tahu apa yang terjadi. Kami berada di tempat yang sama seperti pada 8 Maret 2014. Bagi kami semua, menemukan jawaban tetap merupakan hal yang kritis.”

Sejak MH370 hilang, lebih dari 20 keping puing yang diyakini berasal dari pesawat telah terdampar di sepanjang pantai Afrika dan pulau-pulau di Samudra Hindia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya