Musuhan 7 Tahun, Arab Saudi dan Iran Akhirnya Baikan

Arab Saudi dan Iran Berbaikan
Sumber :
  • The Guardian

VIVA Dunia – Arab Saudi dan Iran, dua saingan besar penghasil minyak di Timur Tengah, telah sepakat untuk memulihkan hubungan dan membuka kembali kedutaan di ibu kota masing-masing, setelah tujuh tahun setelah hubungan terputus.

Konflik Israel-Iran Memanas, Airlangga Sebut Stabilitas Keuangan Aman 

Kesepakatan itu muncul setelah pembicaraan yang ditengahi Tiongkok diadakan di Beijing. 

“Sebagai hasil dari pembicaraan tersebut, Iran dan Arab Saudi setuju untuk melanjutkan hubungan diplomatik dan membuka kembali kedutaan, dalam waktu dua bulan,” lapor kantor berita negara Iran Irna, mengutip pernyataan bersama, melansir The Guardian, Sabtu, 11 Maret 2023.

Chery Omoda 5 Dikomplain Konsumen

Presiden China Xi Jinping pada hari Selasa, 14 Februari 2023 melakukan pertemuan dengan Presiden Iran, Ebrahim Raisi.

Photo :
  • Iranian Presidency Office via AP.

Riyadh memutuskan hubungan dengan Teheran setelah pengunjuk rasa Iran menyerang misi diplomatik Saudi di Iran pada 2016 menyusul eksekusi Saudi terhadap ulama Syiah yang dihormati, Nimr al-Nimr. 

PDIP: Serangan Iran ke Israel Dikhawatirkan Perburuk Perekonomian Indonesia

Persaingan antara Iran yang didominasi Syiah dan Arab Saudi Sunni telah mendominasi politik Timur Tengah dalam beberapa tahun terakhir, menyebar ke Suriah, Irak, Lebanon, dan Yaman.

Nour News, yang terkait dengan dewan keamanan nasional tertinggi Iran, memposting rekaman Ali Shamkhani, sekretaris dewan, dengan seorang pejabat Saudi dan diplomat paling senior China, Wang Yi.

"Setelah menerapkan keputusan itu, para menteri luar negeri kedua negara akan bertemu untuk mempersiapkan pertukaran duta besar," kata televisi pemerintah Iran itu. 

Kesepakatan tersebut berpotensi berimplikasi luas pada kesepakatan nuklir Iran dan perang sipil di Yaman, di mana kedua belah pihak terkunci dalam perang proksi, dan menunjukkan tekad baru Arab Saudi untuk menjalankan kebijakan luar negeri yang independen dari barat.

Saudi Press Agency mengkonfirmasi perjanjian tersebut, yang mengatakan kedua negara telah sepakat untuk menghormati kedaulatan negara dan tidak saling mencampuri urusan dalam negeri.

Pernyataan itu juga mengatakan Riyadh dan Teheran telah sepakat untuk mengaktifkan perjanjian kerja sama keamanan yang ditandatangani pada 2001.

Arab Saudi dan Iran Berbaikan

Photo :
  • The Guardian

Hossein Amir-Abdollahian, menteri luar negeri Iran, mengatakan: “Kembalinya hubungan normal antara Iran dan Arab Saudi memberikan kapasitas besar bagi kedua negara, kawasan dan dunia Islam. Kebijakan lingkungan, sebagai poros kunci dari kebijakan luar negeri pemerintah, sangat bergerak ke arah yang benar, dan aparat diplomatik secara aktif berada di belakang persiapan langkah-langkah yang lebih regional.”

Arab Saudi berharap bahwa Iran akan menghentikan serangan pesawat tak berawak dan rudal Houthi di kerajaan itu, dan bahwa Iran akan membantu pembicaraan Saudi dengan Houthi. Tetapi para pejabat menekankan bahwa ekspektasi, setidaknya pada awalnya, akan tetap rendah.

Pakta tersebut tidak selalu berarti perubahan dalam pendekatan Saudi terhadap konflik Palestina. Arab Saudi telah menolak untuk bergabung dengan perjanjian Abraham yang menormalkan hubungan antara Israel dan beberapa negara Arab.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya