Ucapkan Selamat ke Xi Jinping Terpilih Lagi Jadi Presiden, Jokowi: Indonesia Mitra Strategis China

Presiden Jokowi beri keterangan pers di Istana Merdeka Jakarta
Sumber :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

VIVA Dunia – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) berikan selamat atas pengangkatan resmi Presiden China Xi Jinping, yang menjabat untuk ketiga kalinya. Ucapan resmi tersebut, disampaikan oleh Jokowi melalui akun Instagram resminya. 

Waketum Nasdem Temui Prabowo Subianto, Sinyal Gabung Koalisi Prabowo-Gibran Menguat?

"Selamat kepada Presiden Xi Jinping atas terpilihnya kembali sebagai Presiden Republik Rakyat Tiongkok," tulis Jokowi, pada Sabtu, 11 Maret 2023.

Selain itu, Jokowi juga berharap bahwa Indonesia-China dapat membangun kerja sama dan melanjutkan kontribusi keduanya untuk perdamaian dan stabilitas regional.

Komposisi Menteri di Kabinet Prabowo-Gibran Tunggu Penetapan Resmi KPU

"Sebagai mitra strategis, mari kita terus memperkuat kerja sama kita untuk kemakmuran kedua negara dan melanjutkan kontribusi kita untuk perdamaian dan stabilitas regional," tambahnya.

Xi Jinping saat mengambil sumpah presiden

Photo :
  • The Guardian
China Dilanda Banjir Bandang, 4 Orang Tewas dan 10 Hilang

Selain Presiden Jokowi, Presiden Rusia Vladimir Putin juga sebelumnya memberikan ucapan manis terhadap sekutunya itu.

Putin mengucapkan selamat kepada Presiden China Xi Jinping atas masa jabatan ketiganya sebagai pemimpin China. Putin juga memuji hubungan yang semakin kuat antara kedua negara itu.

"Teman terkasih, terimalah ucapan selamat yang tulus atas terpilihnya kembali anda (sebagai presiden)," kata Putin dalam pernyataan yang dikeluarkan oleh Kremlin.

“Rusia sangat menghargai kontribusi pribadi anda terhadap penguatan ikatan dan kerja sama strategis antara negara kita,” ungkapnya.

VIVA Militer: Presiden Rusia, Vladimir Putin

Photo :
  • usni.org

Selain itu, Putin juga yakin bahwa hubungan yang erat akan membawa keduanya pada kerja sama Rusia-Tiongkok yang bermanfaat di semua bidang yang berbeda.

"Kami akan terus mengoordinasikan kerja sama dalam isu-isu regional dan internasional yang paling penting," ujarnya, dikutip dari The Sundaily, Jumat, 10 Maret 2023.

Sebelumnya, Pemimpin China Xi Jinping resmi memperoleh masa jabatan ketiga sebagai presiden negara itu pada hari Jumat.

Xi diperkirakan akan tetap menjabat sebagai presiden dalam pertemuan parlementer seremonial bulan ini, yang dikenal sebagai "Dua Sesi." Ini merupakan pertemuan tahunan, yang menandai pertemuan kelompok penasehat dan legislatif, Kongres Rakyat Nasional.

Delegasi kongres pada hari Jumat juga secara resmi mengangkat kembali Xi Jinping sebagai ketua Komisi Militer Pusat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya