PM Inggris: Perang Rusia-Ukraina dan Agresi China Membahayakan Dunia

VIVA Militer: Pasukan Angkatan Bersenjata Federasi Rusia (VSRF)
Sumber :
  • ria.ru

VIVA Dunia – Perang Rusia di Ukraina dan agresi China atas Taiwan mengancam untuk menciptakan dunia yang "ditentukan oleh bahaya, kekacauan, dan perpecahan", kata perdana menteri Inggris telah memperingatkan.

Motor Delapan Silinder Asal China Siap Meluncur

Rishi Sunak meramalkan "dekade yang sulit dan berbahaya", ketika pemerintahnya menerbitkan pembaruan yang telah lama ditunggu-tunggu untuk tinjauan utama pertahanan, keamanan, dan kebijakan luar negeri Inggris dan tentu saja, ia menyebut Rusia-Ukraina dan China-Taiwan.

Melansir Sky News, Selasa, 14 Maret 2023, dokumen setebal 63 halaman itu mengisyaratkan bahwa dunia menghadapi risiko terbesar dalam beberapa dekade meningkatnya ancaman keamanan, termasuk ke dalam "konflik tak terkendali" dengan senjata nuklir.

Pertama Kali, Ukraina Tembak Jatuh Pesawat Pengebom Rusia

Perdana Menteri Inggris (PM Inggris) Rishi Sunak

Photo :
  • AP Photo/David Cliff

Tetapi, ia juga memperingatkan bahwa setiap perang di Indo-Pasifik di masa depan, di mana ketegangan meningkat dengan China atas Taiwan, dapat memiliki "konsekuensi global yang lebih besar daripada konflik di Ukraina".

Curhat Jurnalis Asing Kala Bertugas di China

Sunak menggambarkan Partai Komunis China sebagai "tantangan yang menentukan zaman". Itu sebelumnya digambarkan hanya sebagai "tantangan sistemik".

Dia juga menjelaskan bagaimana perang Presiden Rusia Vladimir Putin di Ukraina merupakan serangan terhadap Inggris dan keamanan Eropa yang lebih luas.

Perdana menteri Inggris itu menjelaskan bagaimana lingkungan keamanan telah berubah selama dua tahun terakhir, dengan ancaman dan tantangan yang semakin intensif.

VIVA Militer: Pasukan militer Ukraina terlibat kontak tembak dengan milisi Rusia

Photo :
  • kyivindependent.com

“Invasi ilegal Rusia ke Ukraina, mempersenjatai pasokan energi dan makanan serta retorika nuklir yang tidak bertanggung jawab, dikombinasikan dengan sikap China yang lebih agresif di Laut China Selatan dan Selat Taiwan, mengancam untuk menciptakan dunia yang ditentukan oleh bahaya, kekacauan, dan perpecahan, dan sebuah tatanan internasional lebih mendukung otoritarianisme," tulisnya dalam kata pengantar.

Rishi Sunak berada di San Diego untuk bertemu dengan Presiden Biden dan Perdana Menteri Australia Anthony Albanese sebagai bagian dari proyek AUKUS untuk mengembangkan kapal selam bertenaga nuklir untuk angkatan laut Australia.

Dia mengatakan bahwa program tersebut tidak semata-mata sebagai reaksi terhadap "tantangan sistemik" yang meningkat dari China. "Kemitraan ini mewakili sesuatu yang jauh lebih besar," ujarnya.

“Kami sedang membangun kapal selam serang generasi berikutnya dengan teknologi yang mengalahkan dunia yang dapat kami bagikan satu sama lain," lanjutnya. 

“Tidak hanya di Pasifik, tetapi Atlantik dan di seluruh dunia, itu akan meningkatkan keamanan di seluruh dunia dan menyediakan lapangan kerja,” tambahnya.

Inggris menambah £3 miliar lebih, untuk senjata nuklir dan armada kapal selam demi keamanan negara. 

Xi Jinping saat mengambil sumpah presiden

Photo :
  • The Guardian

Sebagai hasil dari ancaman yang berkembang, Sunak mengumumkan tambahan £3 miliar selama dua tahun ke depan untuk armada senjata nuklir dan kapal selam Inggris serta tambahan £1,9 miliar untuk persediaan amunisi.

Memperingatkan ancaman di masa depan, tinjauan tersebut mengatakan: "Ada prospek yang berkembang bahwa lingkungan keamanan internasional akan semakin memburuk di tahun-tahun mendatang, dengan ancaman negara meningkat dan beragam di Eropa dan sekitarnya," 

“Risiko eskalasi lebih besar dari kapan pun dalam beberapa dekade, dan semakin banyak sistem senjata canggih yang telah dikembangkan dan sedang diuji atau diadopsi.”

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya