Ada Perubahan Geopolitik di Timur Tengah, Putin Bertemu Dengan Assad

Presiden Rusia Vladimir Putin, bertemu dengan Presiden Suriah, Bashar al-Assad.
Sumber :
  • NDTV.

VIVA Dunia – Presiden Rusia, Vladimir Putin, akan mengadakan pembicaraan dengan Presiden Suriah, Bashar al-Assad, di Moskow pada hari Rabu, 15 Maret 2023.

100 Orang Masih Hilang Dalam Aksi Penembakan di Gedung Konser Moskow

Melansir dari NDTV, pertemuan keduanya terjadi karena hubungan antara negara-negara Timur Tengah mengalami penataan kembali. Rusia juga telah menjadi salah satu dari sedikit sekutu Suriah selama tahun-tahun perang dan isolasi politiknya.

"Masalah topik pengembangan lebih lanjut dari kerja sama Rusia-Suriah di bidang politik, perdagangan, ekonomi dan kemanusiaan, serta prospek penyelesaian situasi yang komprehensif di dalam dan sekitar Suriah akan dibahas," kata Kremlin dalam sebuah pernyataan pada hari Selasa, 14 Maret 2023.

Rusia Mengirimkan Lebih dari 29 Ton Bantuan Kemanusiaan ke Gaza

Kantor Assad mengatakan dia telah tiba di Moskow untuk kunjungan resminya, di mana dia akan bertemu dengan Putin. Dalam kunjungan tersebut, Presiden Suriah disambut oleh perwakilan khusus Putin, Mikhail Bogdanov, dan duta besar Rusia untuk Damaskus, Alexander Yefimov.

Assad juga didampingi oleh delegasi menteri besar, menurut pernyataan kepresidenan Suriah.

Pelapor PBB Ungkap Serangkaian Kejahatan Perang di Gaza yang Belum Pernah Terjadi Sebelumnya

Menurut laporan media pada hari Selasa, hubungan antara Damaskus dan Ankara akan menjadi salah satu topik pembicaraan di tengah pertemuan Putin dan Assad.

Pertemuan mereka juga menyusul pengumuman mengejutkan pada minggu lalu mengenai pemulihan hubungan diplomatik yang ditengahi China antara saingan utama Timur Tengah, Arab Saudi dan Iran.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya