Respons Palestina Soal Kehadiran Timnas Israel di Piala Dunia U-20 Indonesia

Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair Al-Shun.
Sumber :
  • Antara / Azis Kurmala

VIVA Dunia – Duta Besar Palestina untuk Indonesia, Zuhair Al-Shun memberikan respons terkait kehadiran tim nasional Israel di Piala Dunia U-20 di Indonesia. Zuhair menegaskan bahwa hadurnya Timnas Israel merupakan ketentuan dari FIFA

Bicara Dampak Konflik Iran-Israel ke Harga BBM dan LPG, Dirjen Migas: Tidak Perlu Direspons Segera

Menurut Zuhair, Palestina memahami bahwa Indonesia hanya memfasilitasi perhelatan tersebut dalam kapasitas sebagai tuan rumah ajang bagi pesepakbola masa depan itu.

"Kami mengetahui masing-masing federasi di dunia memiliki aturannya sendiri termasuk FIFA. Dalam hal ini Indonesia berhasil memenangkan bidding sebagai tuan rumah FWC U20 dan tentu saja kepesertaan masing-masing negara yang ikut tidak ada kaitannya dengan suka atau tidak suka dengan negara yang ikut serta tersebut. Indonesia hanya menfasilitasi. Masing-masing ikut serta sebagai bagian dari kompetisi sesuai aturan yang berlaku," kata Zuhair dalam keterangannya yang dikutip, Kamis, 16 Maret 2023.

Ada Konflik Israel-Iran, Pemerintah Bakal Beri Bansos?

bendera Palestina

Photo :
  • Brahim Guedich/Wikimedia

Dubes Zuhair, menambahkan, saat penyelenggaraan Piala Dunia 2022 di Qatar. Palestina tidak ikut sebagai satu tim yang bertanding. 

Selain Konflik Iran-Israel, BEI Beberkan Faktor Lain Penyebab IHSG Anjlok Pasca-Lebaran

"Namun kita tahu Palestina muncul dan hadir di event tersebut seakan-akan Palestina hadir sebagai salah satu tim yang bertanding di Piala Dunia. Kita tahu banyak negara yang menyuarakan dukungan kepada Palestina. Ini menunjukan Palestina ada di hati banyak kalangan di dunia. Saya yakin Palestina senantiasa berada di hati bangsa Indonesia, Pemerintah Indonesia dan di hati negara Indonesia," tegasnya.

Zuhair juga meyakini dukungan Indonesia terhadap Palestina tidak akan berubah, meski Israel datang ke Indonesia dan ikut bertanding dalam Piala Dunia U-20 yang akan diikuti 24 negara yang sudah lolos dari enam zona konfiderasi.

"Dukungan terhadap Palestina oleh Indonesia selalu konsisten. Dukungan Indonesia tidak akan pernah berubah," katanya.

Dukungan rakyat Indonesia untuk Palestina

Photo :
  • ANTARA/Vitalis Yogi Trisna

Dubes Zuhair juga menegaskan bahwa Palestina selalu menghormati dan tidak akan mengintervensi keputusan masing-masing negara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya