Setelah Porak-poranda Akibat Gempa, Wilayah di Turki Ini Diterjang Banjir Bandang 14 Tewas

Banjir bandang di Sanliurfa, Turki, Rabu, 15 Maret 2023.
Sumber :
  • Hakan Akgun/DIA via AP

VIVA Dunia – Setelah gempa yang melanda wilayah Turki, kini banjir bandang juga melanda wilayah tersebut, dan menewaskan korban gempa sedikitnya 14 orang, yang tinggal di tenda dan perumahan kontainer, pada Rabu, 15 Maret 2023.

Top Trending: Kiai Rela Serahkan Istrinya ke Oknum Habib Hingga Patung Liberty Berguncang

Melansir dari The Sundaily, Kamis, 16 Maret 2023, insiden tersebut menambah tekanan lebih besar pada Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menjelang pemilu di negara itu.

Beberapa orang lagi dinyatakan hanyut setelah air deras menyapu wilayah itu, dan mengubah jalan menjadi sungai berlumpur.

Banjir Bandang di Brasil, Tim Penyelamat Evakuasi Korban di Atap Rumah dan Apartemen

Sebagai informasi, lebih dari 48.000 orang tewas di Turki dan hampir 6.000 korban berjatuhan di Suriah dalam bencana gempa paling mematikan pada 6 Februari, 2023 lalu.

Ratusan ribu korban gempa Turki sebelumnya juga telah dipindahkan ke tenda dan rumah kontainer di seluruh wilayah bencana, yang mencakup 11 provinsi di tenggara Turki.

Ratusan Hektare Sawah di Bombana Sultra Gagal Panen akibat Banjir, Pemkab Minta Bantuan Pusat

Banjir bandang di Sanliurfa, Turki, Rabu, 15 Maret 2023.

Photo :
  • Hakan Akgun/DIA via AP

Namun, hujan deras melanda daerah tersebut pada hari Selasa, 14 Maret 2023, dan dinas cuaca memperkirakan akan berlangsung hingga Rabu malam.

Pejabat Turki mengatakan banjir menewaskan 12 orang di Sanliurfa, sekitar 30 mil (50 kilometer) utara perbatasan Suriah.

Dua orang, termasuk seorang anak berusia satu tahun, juga meninggal di dekat Adiyaman, di mana lima orang masih belum ditemukan.

Menurut gambar yang beredar, air deras berhasil menyapu mobil dan membanjiri tempat tinggal sementara yang didirikan untuk korban gempa.

Dalam satu video yang viral di sosial media, seorang pria yang mengenakan setelan krem ????dan berdasi meminta bantuan sambil mengapung di arus yang deras di samping perabot. Nasibnya juga masih belum diketahui sejauh ini.

Gambar lain menunjukkan seseorang sedanv menarik korban keluar dari air dengan ranting dan tali.

Kantor gubernur Sanliurfa mengatakan banjir juga mencapai lantai dasar salah satu rumah sakit utama di kawasan itu.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya