PM Israel Sebut Perang Nuklir Mengerikan Akan Pecah Jika Iran Tak Dihentikan

VIVA Militer: Benjamin Netanyahu (kanan) dan David Barnea (kiri)
Sumber :
  • The Times of Israel

VIVA Dunia – Sebuah perang nuklir yang mengerikan akan pecah jika dunia tidak menghentikan Iran untuk mendapatkan senjata atom. Demikian pesan yang disampaikan Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu untuk rakyat negeri para Mullah tersebut.

Ancaman Mengerikan dari Presiden Iran Jika Israel Lakukan Hal Ini

“Jika Iran memiliki senjata nuklir, ini akan menjadi masalah yang akan kita semua hadapi. Itu akan mengubah dunia,” katanya dalam wawancara berbahasa Inggris dengan Iran International yang berbasis di Washington dan disiarkan di Iran, Jumat, 10 Maret 2023.

VIVA Militer: Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu

Photo :
  • Foreign Policy
AS Gelontorkan Lagi Rp 420 Triliun Lebih untuk Perang Israel di Gaza

Menurutnya, sebuah nuklir Iran akan menyebabkan Timur Tengah menjadi wilayah "kabel perjalanan nuklir" karena rezim lain yang memahami bahaya nuklir Iran akan mempersenjatai diri mereka sendiri.

Menggunakan alasan itu, Netanyahu mendesak tindakan global sebagai respon terhadap pengayaan uranium Iran hingga 84%, yang mendekati 90% level senjata.  Netanyahu mengatakan dia memiliki pesan

Menhan Israel Pasang Badan untuk Batalion Netzah Yehuda yang Dijatuhi Sanksi AS

"Untuk mereka yang mengatakan, 'Baiklah, jika kami mengambil tindakan terhadap Iran, kami akan menghadapi perang' Anda akan menghadapi perang jika tidak [menghentikan Iran], senjata nuklir yang berpotensi mengerikan jika tidak [menghentikan Iran] "Program nuklir Iran telah mencapai zona bahaya," katanya, Menambahkan bahwa tindakan Israel telah menundanya selama satu dekade, tetapi sekarang program tersebut terus maju.

Komunitas internasional, lanjut Netanyahu, harus menyampaikan pesan bersama yang kuat kepada Iran.

"Kita harus memberi tahu tahu mereka bahwa jika mereka melewati batas nuklir, itu adalah sesuatu yang tidak dapat kami toleransi," katanya. "Kami harus memberi tahu mereka bahwa ada garis yang tidak dapat Anda lewati, dan ada harga yang harus dibayar jika Anda melakukannya."

Menurut Netanyahu, keamanan dunia dan harapan rakyat Iran dipertaruhkan. Netanyahu telah lama berpendapat bahwa sanksi yang melumpuhkan dan kehadiran ancaman militer yang kredibel adalah satu-satunya cara untuk menghentikan Iran memproduksi senjata nuklir.

VIVA Militer: Benjamin Netanyahu (kiri) dan Joe Biden (kanan)

Photo :
  • Foreign Policy

“Sejarah akan berubah jika Iran mendapatkan senjata nuklir,” katanya sambil menambahkan bahwa rakyat Iran dan Israel memiliki musuh yang sama di Republik Islam tersebut. "Kepada rakyat Iran, kami mendukung Anda; Saya mendukung Anda," kata Netanyahu.

Dalam pesan singkat kepada rezim Iran, dia berkata, “Kami akan berada di sini lama setelah Anda pergi.”

Netanyahu berbicara tentang meningkatnya ancaman Iran ketika dia berpidato di depan komunitas Yahudi di Roma pada hari Kamis dan mengatakan dia bermaksud untuk membicarakan masalah ini dengan perdana menteri Italia.

Dia juga membicarakannya dengan Menteri Pertahanan Amerika Serikat Lloyd Austin, yang bertemu dengannya di Bandara Ben-Gurion sebelum kepergiannya ke Roma pada hari Kamis. AS telah lama mendukung mengatakan hak Israel untuk membela diri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya