Joe Biden Dukung ICC Untuk Segera Tangkap Vladimir Putin

Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden AS Joe Biden.
Sumber :
  • Foreign Policy

VIVA Dunia – Presiden AS, Joe Biden, telah mendukung keputusan International Criminal Court (ICC) atau Pengadilan Kriminal Internasional untuk mengeluarkan surat perintah penangkapan untuk Vladimir Putin atas perannya dalam penculikan anak-anak Ukraina, dengan mengatakan bahwa hal itu “dibenarkan”.

Kemlu Pastikan Tidak Ada Korban WNI dalam Insiden Jembatan Ambruk di Baltimore

Melansir The Guardian, Kanselir Jerman, Olaf Scholz, termasuk di antara para pemimpin internasional lainnya yang menyambut baik keputusan tersebut, mengatakan bahwa itu menunjukkan "tidak ada yang kebal hukum".

Ribuan anak Ukraina telah dideportasi paksa ke Rusia, di mana banyak yang telah diadopsi oleh keluarga Rusia. Itu hanyalah salah satu dari banyak kejahatan, termasuk penyiksaan dan penargetan warga sipil yang disengaja, yang Ukraina ingin agar tentara dan politisi Rusia dimintai pertanggungjawaban.

Pabrik Rakit Drone Ukraina Hancur Dibom Pasukan Rusia

Presiden Rusia Vladimir Putin.

Photo :
  • Kremlin Pool Photo via AP

Volodymr Zelenskiy, presiden Ukraina, memuji hal ini sebagai keputusan bersejarah “dari mana tanggung jawab bersejarah akan dimulai”.

Potret Sedihnya Presiden Vladimir Putin Nyalakan Lilin untuk Korban Terorisme di Moskow

Namun, surat perintah itu tidak mungkin mengarah ke "pengadilan". Putin tidak dapat diadili secara in absentia, dan hanya dapat ditangkap jika ia melakukan perjalanan ke salah satu dari 123 negara anggota ICC. 

Rusia, China, dan AS semuanya bukan dan menolak untuk menjadi anggota.

Namun, Biden mengakui hal ini, meski dia mengatakan surat perintah itu membuat "poin yang sangat kuat".

Ini menandai pertama kalinya pengadilan mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap pemimpin salah satu dari lima anggota tetap dewan keamanan PBB.

Putin kini akan dicap sebagai penjahat perang selama sisa hidupnya oleh pengadilan yang bertanggung jawab untuk menyelidiki beberapa pelanggaran paling serius dalam beberapa dekade terakhir. 

Itu menempatkannya di tangga yang sama dengan tokoh-tokoh terkenal seperti Slobodan Miloševi?, mantan presiden Yugoslavia, dan mantan diktator Sudan, Omar al-Bashir.

Pada saat Moskow berusaha mendapatkan dukungan untuk perangnya, atau menetralisir dukungan untuk Ukraina, di antara negara-negara di selatan dunia, hal itu berpotensi membatasi perjalanannya. Namun, negara-negara anggota ICC tidak harus menegakkan surat perintah penangkapan, dan telah menolak melakukannya di masa lalu.

Surat perintah tersebut, bersama dengan surat perintah untuk komisioner Rusia untuk hak-hak anak, Maria Alekseyevna Lvova-Belova, juga mengirimkan pesan yang kuat kepada pejabat militer dan sipil senior Rusia lainnya yang berperan dalam perang.

Sekarang jelas bahwa mereka dapat dimintai pertanggungjawaban atas apa yang mereka lakukan, oleh pengacara yang memantau dengan cermat peristiwa di Ukraina. 

Presiden AS Joe Biden mengejutkan dengan kunjungan ke Ukraina

Photo :
  • New York Post

Di Inggris, pemimpin partai Buruh, Keir Starmer, mengatakan keputusan itu mengirimkan pesan penting: "Tidak akan ada tempat persembunyian untuk Putin dan kroninya, dan dunia bertekad untuk membuat mereka membayar atas apa yang telah mereka lakukan."

Dia juga menyarankan lebih banyak surat perintah kemungkinan akan mengikuti: "Kasus-kasus ini hanyalah puncak gunung es."

Rusia membantah melakukan kekejaman, dan di Moskow, surat perintah penangkapan disambut dengan kemarahan yang dapat diprediksi. Tokoh pro-Putin menyajikannya sebagai bukti bahwa Washington DC mendorong perubahan rezim di negara tersebut, meskipun AS bukan anggota ICC.

"Lepaskan tanganmu Putin!" ujar pembicara parlemen, Vyacheslav Volodin, sekutu dekat Putinx menulis di Telegram. “Kami menganggap setiap serangan terhadap presiden Federasi Rusia sebagai agresi terhadap negara kami.”

Surat perintah tersebut kemungkinan akan memperkuat posisi kelompok garis keras Rusia yang pro-perang yang telah berusaha menampilkan invasi ke Ukraina sebagai pertempuran eksistensial untuk kelangsungan hidup nasional.

"Semua kekuatan liberal pro-Barat yang mencari kompromi dengan Barat akan dipecat,” tulis Sergei Markov, analis politik pro-Putin dan mantan penasihat Kremlin.

“Satu-satunya jalan Kremlin adalah kemenangan militer.”

Oposisi Rusia, yang sebagian besar telah melarikan diri ke luar negeri sejak dimulainya perang, memuji pengumuman itu. “Ya, itu langkah simbolis. Tapi itu yang terpenting,” kata Leonid Volkov, sekutu dekat pemimpin oposisi Alexei Navalny, yang kini dipenjara.

VIVA Militer: Serangan artileri militer Rusia di Ukraina

Photo :
  • ndtv.com

Sementara lawan Putin mengakui bahwa surat perintah itu akan membuat sedikit perbedaan pada status pemimpin Rusia, mereka menyambut baik keputusan tersebut sebagai tanggapan yang tepat atas kemungkinan perannya dalam penculikan anak-anak.

“Sekarang Putin benar-benar paria internasional,” kata Ivan Pavlov, seorang pengacara hak asasi manusia terkemuka Rusia. 

"Saya mengecualikan kemungkinan bahwa deportasi anak-anak Ukraina dilakukan tanpa sepengetahuannya, tanpa persetujuannya dan tanpa perintahnya."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya