7 Negara Dengan Puasa Terlama di Dunia Tahun 2023, Ada yang 23 Jam!

Lima negara dengan waktu terlama berpuasa.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Dunia – Bulan suci Ramadan sudah dimulai pekan ini. Lebih dari satu miliar Muslim di seluruh dunia akan menjalankan puasa selama sebulan penuh.

Bumi Resources Masuk 7 Perusahaan Wajib Pajak Terbaik versi DJP Kemenkeu

Tak lama lagi, umat muslim di seluruh dunia akan menyambut kedatangan bulan suci Ramadan 2023. Pada bulan ini, umat muslim di seluruh dunia akan menjalankan tukun islam yang ketiga, yaitu berpuasa.

Ilustrasi puasa

Photo :
  • pixabay
Sri Mulyani Ungkap APBN Surplus Rp 8,1 Triliun hingga Maret 2024

Nah, tahu kah kamu ada sejumlah negara di dunia ini yang menjalani ibadah puasa terlama. Bahkan hingga 23 jam lebih lho. Wow, sudah hampir 24 jam atau satu hari ya! Beruntunglah bagi kita yang berpuasa hanya sekitar 13 jam di Indonesia. Berikut ini daftar negara-negara dengan durasi puasa terlama di dunia:

1. Finlandia

Ninja Xpress: Pengiriman Paket Melonjak 20 Persen saat Ramadhan 2024

Nah, Finlandia adalah negara dengan durasi puasa paling lama di dunia pada daftar 7 negara dengan durasi puasa terlama di dunia kali ini.

Di Finlandia sendiri, puasa dimulai pada pukul 1 pagi dengan waktu berbuka puasa pada pukul 12 pagi lagi.  Jika kita hitung-hintung, berpuasa di Finlandia bisa sampai sekitar 23 jam 5 menit. 

2. Jerman

Umat Muslim di Jerman berpuasa selama 18-19 jam sehari.  Mereka biasanya mulai berpuasa pada pukul 03.00 hingga berbuka puasa pada pukul 22.00.

3. Inggris

Ilustrasi pekerja di Inggris

Photo :
  • Dailymail.co.uk

Di negara Ratu Elizabeth II ini umat Muslim biasa menjalankan puasa selama 18 hingga 19 jam dalam sehari. Mereka mulai berpuasa sejak pukul 02.30 hingga waktu berbuka pada pukul 21.30.

4. Norwegia

Di Norwegia, durasi berpuasa pada hari pertama dan hari terakhir akan berbeda. Bisa berpuasa mulai 17 jam hingga 22 jam. Ini karena waktu terbenamnya matahari di negara tersebut lebih lama.

Kabarnya pada hari pertama puasa berlangsung selama 17 jam 40 menit dan di hari terakhir puasa yakni 19 jam 23 menit. Bahkan, masyarakat setempat dikabarkan pernah juga berpuasa selama 22 jam loh.

Bendera Kanada

Photo :

Nah, waktu berpuasa di Kanada cukup beragam. Mulai dari 16 jam dan 19 jam perharinya. Namun, biasanya yang paling umum adalah 19 jam perhari. Waktu puasa di Kanada sebenarnya berbeda-beda di setiap wilayahnya namun bisa mencapai 19 jam perhari.

Misalnya muslim di Kota Toronto yang menjalani puasa selama 16 jam perhari, namun sedangkan umat Muslim yang berada di Kota Edmonton menjalani puasa bisa sampai 19 jam perharinya. 

6. Swedia

Selanjutnya negara Swedia. Warga muslim di Swedia ternyata juga memiliki tantangan yang sama dalam menjalani waktu puasa selama satu hari penuh. Terlebih lagi, umat Muslim di Swedia hanya berjumlah 5% dari total populasi penduduk disana. Ini akan menjadi tantangan tersendiri Ketika berpuasa di Swedia, ya.

7. Turki

Bendera Turki.

Photo :
  • Zimbio.com

Meski bukan negara dengan durasi puasa terlama di dunia, namun Istanbul Turki termasuk puasa dengan durasi terlama di dunia. Perbedaannya dengan Indonesia, sekitar dua jam. Di mana, Istanbul dengan durasi puasa 15 jam 1 menit, pada setiap harinya selama bulan Ramadan. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya