Jenderal AS: Kini ISIS Lebih Kuat di Afghanistan

Kelompok ISIS di Khorasan, Afghanistan atau biasa disebut ISIS-K
Sumber :
  • Twitter

VIVA Dunia – Kelompok ISIS memiliki kehadiran yang lebih kuat di Afghanistan dibanding tahun sebelumnya menyusul mundurnya pasukan Amerika Serikat pada Agustus 2021, kata jenderal AS untuk Timur Tengah, Kamis 23 Maret 2023.

Berbicara di hadapan Komite Angkatan Bersenjata DPR, komandan Komando Pusat AS (CENTCOM) Jenderal Michael 'Erik' Kurilla mengatakan: "Sekarang ISIS lebih kuat di Afghanistan."

"Apakah kita sedang melihat kerja sama dengan ISIS di Afghanistan dan elemen lainnya, seperti di Suriah dan Eropa?", tanya anggota Kongres dari Partai Republik, Mike Waltz, kepada Kurilla.

Bank Mandiri Pastikan Likuiditas Solid di Tengah Gejolak Iran-Israel

Ilustrasi/Militan ISIS

Photo :

OJK Beberkan Kunci Hadapi Memanasnya Dinamika Ekonomi Global

"ISIS adalah organisasi global. Mereka memiliki organisasi yang disebut kantor Al-Siddiq yang bertanggung jawab atas semua ISIS dari Kazakhstan, Afghanistan, Pakistan, India hingga Indonesia," kata Kurilla.
Bursa Saham Asia Kompak Anjlok Imbas Eskalasi Konflik Iran-Israel, BEI Buka Suara


"Mereka seringkali berkomunikasi dengan ketua ISIS, afiliasi global," katanya.

Mengenai ancaman dari Iran, Kurilla mengatakan bahwa pasukan AS sudah 78 kali diserang Iran sejak Januari 2021. "Mereka menggunakan proksi Iran -- baik UAV (pesawat nirawak) atau roket -- untuk bisa menyerang pasukan kami di Irak atau Suriah," katanya.

Menjawab pertanyaan apakah serangan ini dianggap sebagai aksi perang, Kurilla menekankan bahwa serangan-serangan itu dilakukan proksi Iran. (Ant/Antara)
VIVA Militer: Serangan rudal Iran menghantam pangkalan udara militer Israel

Pemerintah Harus Antisipasi Kebijakan Ekonomi-Politik Imbas Perang Iran-Israel

Serangan mengejutkan dari Iran sebagai balasan terhadap Israel yang menyerang pangkalan militer Iran di Damaskus, Suriah, membuat dunia terkejut sekaligus meningkatkan es

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024