Muslim Uighur Dilarang Puasa, Dapat Ancaman dan Penangkapan

Muslim Uighur
Sumber :
  • Radio Free Asia

VIVA Dunia – Saat Muslim di seluruh dunia kini memulai ibadah puasa di bulan suci Ramadhan, muslim di China menghadapi larangan puasa dan tradisi budaya dan agama mereka semakin diserang.

Jegal Ford Ranger dan Toyota Hilux, BYD Ikut Persiapkan Pikap Listrik Berbasis Hybrid

Masyarakat Muslim Uighur di wilayah barat laut Xinjiang diperintahkan untuk tidak mengizinkan anak-anak mereka berpuasa, dengan anak-anak ditanyai oleh pihak berwenang mengenai apakah orang tua mereka berpuasa atau tidak, kata pejabat setempat dan kelompok hak asasi manusia.

“Selama Ramadhan, pihak berwenang meminta 1.811 desa (di Xinjiang) untuk menerapkan sistem pemantauan sepanjang waktu, termasuk inspeksi langsung ke rumah keluarga Uighur,” kata juru bicara Kongres Uighur Dunia, Dilshat Rishit, melansir Radio Free Asia.

China Dilanda Banjir Bandang, 4 Orang Tewas dan 10 Hilang

Aksi Kemanusian untuk Muslim Uighur, Uyghur (Foto ilustrasi)

Photo :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Sebuah laporan oleh koalisi kelompok hak asasi, termasuk Jaringan Pembela Hak Asasi Manusia China (CHRD), mengatakan mereka telah diidentifikasi oleh Beijing sebagai "ancaman yang harus diselesaikan melalui asimilasi paksa".

Hadiri Forum Internasional di China, KSAL Tegaskan Pentingnya Jaga Keamanan Maritim di Kawasan

Menurut laporan itu, ini sangat kontras dengan kebebasan relatif yang dinikmati sebelum Presiden Xi Jinping meluncurkan serangan baru terhadap ibadah agama, memaksa orang Kristen, Muslim, dan Budha menjadi sasaran kontrol partai dan penyensoran kehidupan keagamaan mereka.

China juga menargetkan komunitas Muslim dengan kampanye "persatuan etnis", di mana pihak berwenang menekan anggota keluarga etnis minoritas Muslim Uighur untuk mengikuti tradisi non-Muslim, termasuk minum alkohol dan makan daging babi. Di Xinjiang, kebijakan persatuan telah diterapkan di tengah penahanan massal setidaknya 1,8 juta orang Uighur dan etnis minoritas Muslim lainnya di kamp 'pendidikan ulang', dan penempatan mereka dalam kerja paksa, serta pemerkosaan, eksploitasi seksual, dan sterilisasi paksa wanita Muslim di kamp.

Muslim Uighur

Photo :
  • Radio Free Asia

Di sisi lain, Presiden AS Joe Biden telah mengungkapkan solidaritasnya terhadap Muslim Uighur dalam salah satu pernyataannya baru-baru ini. Pada hari Kamis, 23 Maret 2023, Biden berkata, “Bersama dengan mitra kami, Amerika Serikat berdiri dalam solidaritas dengan Muslim yang terus menghadapi penindasan, termasuk Uighur di Republik Rakyat Tiongkok, Rohingya di Burma (Myanmar), dan komunitas Muslim lainnya, menghadapi penganiayaan di seluruh dunia.”

Perlu dicatat bahwa Muslim di provinsi Xinjiang China menjadi sasaran penganiayaan oleh negara China yang ingin mereka “berasimilasi” dengan komunitas China daripada hanya mengidentifikasi diri sebagai Muslim. Sebuah laporan yang diterbitkan pada November 2022 mengatakan bahwa pemerintah Tiongkok mengambil langkah-langkah khusus untuk mempromosikan perkawinan campuran antara Muslim Uighur dan kelompok etnis Han Tiongkok. Cara yang digunakan oleh pemerintah China terdiri dari insentif dan tindakan paksa, menggarisbawahi laporan tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya