Komentarnya Bikin Credit Cruisse Runtuh, Bos Bank Arab Saudi Mundur Dari Jabatan

Credit Suisse.
Sumber :
  • Walter Bieri/Keystone via AP, File.

VIVA Dunia – Ketua Bank Nasional Arab Saudi mengundurkan diri karena alasan pribadi, pada Senin, 28 Maret 2023, tepat setelah komentarnya tentang Credit Suisse.

Ekonomi Dunia Bergejolak, BI Buka-bukaan Hasil Stess Test Terbaru Sektor Perbankan

Dilansir dari AP, Selasa, 28 Marer 2023, pengunduran dirinya tersebut membuat saham perusahaan itu merosot, dan membuat UBS mengakuisisi perusahaan itu. Pengunduran diri Ammar al-Khudairy dari Saudi National Bank, terjadi hanya beberapa bulan setelah Bank Swiss itu mengalami krisis kepercayaan dari para investor.

Chairman Saudi National Bank, Ammar al-Khudairy.

Photo :
  • Istimewa.
Penjelasan BI soal Layanan Alipay Mau Masuk Indonesia

Saham Credit Suisse anjlok lebih dari 30 persen, setelah al-Khudairy mengatakan kepada Bloomberg bahwa Bank Nasional Saudi, yang merupakan pemegang saham terbesar Credit Suisse, tidak akan memberikan lebih banyak uang kepada bank Swiss itu.

“Jawabannya sama sekali tidak, karena banyak alasan di luar alasan yang paling sederhana, yaitu regulasi dan undang-undang,” kata al-Khudairy kala itu.

United Tractors Tebar Dividen hingga Total Rp 8,2 Triliun

“Kami sekarang memiliki 9,8% saham bank. Jika kita melampaui 10%, semua jenis aturan baru akan diberlakukan, apakah itu oleh regulator kita, atau regulator Eropa atau regulator Swiss.”

Saudi National Bank telah menginvestasikan tambahan US$1,5 miliar atau Rp22,6 triliun di Credit Suisse, untuk mengambil kepemilikan saham terbesar di bank Swiss menjadi hampir 10 persen. Credit Suisse sendiri merupakan perusahaan bank investasi dan jasa keuangan global, yang didirikan dan berkantor pusat di Swiss.

Di saat Al-Khudairy berusaha mengklarifikasi ucapkannya, saham Credit Suisse rontok sekitar sepertiga dari nilainya, dan memicu keruntuhan. Insiden itu semakin menakuti pasar internasional yang sudah terhuyung-huyung dari keruntuhan bank lain dan inflasi tinggi yang sebagian disebabkan oleh perang Rusia di Ukraina.

Menurut pemberitahuan bursa saham Tadawul Riyadh diumumkan bahwa al-Khudairy akan digantikan oleh Saeed al-Ghamdi, kepala eksekutif bank. Namun, sejauh ini masih tidak jelas alasan pengunduran diri al-Khudairy, dan hanya ditegaskan sebagai alasan pribadi.

Al-Khudairy juga tidak dapat dihubungi untuk memberikan komentar terkait pengunduran dirinya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya