Protes Israel Makin Chaos, PM Netanyahu Akhirnya Nyerah dan Tunda Perombakan Peradilan

VIVA Militer: Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu
Sumber :
  • Foreign Policy

VIVA Dunia – Setelah demonstrasi besar-besaran di seluruh Israel, Perdana Menteri, Benjamin Netanyahu, akhirnya mengumumkan penundaan proposal pemerintah untuk merombak peradilan. Netanyahu mengatakan pada hari Senin, 27 Maret 2023, bahwa dia akan menunda perubahan yudisial ke sesi parlemen berikutnya. 

Bank Mandiri Pastikan Likuiditas Solid di Tengah Gejolak Iran-Israel

Dia juga mengatakan ingin memberikan waktu untuk mencari kompromi atas RUU yang diperdebatkan dengan lawan politiknya. Berbicara dalam pidato yang disiarkan televisi pada Senin malam, sepuluh jam setelah dia dijadwalkan untuk memberikan pernyataan, Netanyahu tampak lelah saat memberikan prngumuman. 

Demonstrasi di Jalanan Kota-Kota Israel

Photo :
  • Twitter
OJK Beberkan Kunci Hadapi Memanasnya Dinamika Ekonomi Global

Dengan nada datar yang tidak biasa, PM Israel itu mengatakan tidak ingin merobek bangsa menjadi dua. 

"Ketika ada kemungkinan menghindari perang persaudaraan melalui dialog, saya, sebagai perdana menteri, akan meluangkan waktu untuk dialog itu," katanya, dikutip dari The Guardian, Selasa, 28 Maret 2023. 

Dewan Keamanan PBB Dikritik karena Gagal Tegakkan Resolusi saat Serangan di Gaza Meningkat

“Kami memiliki kemampuan untuk meloloskan undang-undang dengan mayoritas yang kuat,” tambahnya. 

"Tidak ada yang akan membungkammu," katanya. 

Keputusan penundaan hanya menunda masalah selama beberapa minggu, dan tidak jelas apakah protes akan berakhir. 

 Sebagai imbalan untuk menyetujui penundaan tersebut, partai Kekuatan Yahudi sayap kanan mengatakan perdana menteri telah menawarkan pembentukan pengawal nasional sipil. Namun keputusan itu menyebabkan kekhawatiran tentang kelompok bersenjata di bawah kendali politisi sayap kanan Itamar Ben-Gvir. 

Dengan tuduhan korupsi yang menggantung di kepalanya, Netanyahu terpaksa mengandalkan mitra koalisi ekstremis yang sulit diatur. Walau terkenal karena usahanya untuk keluar dari situasi sulit di masa lalu, Netanyahu tampaknya kehilangan sentuhannya, dan berjuang untuk mempertahankan kontrol di dalam dan di luar Parlemen Israel. 

Oposisi terhadap perubahan peradilan yang diperebutkan memuncak pada hari Senin ketika rumah sakit, universitas dan serikat pekerja terbesar di negara itu mengumumkan pemogokan sebagai protes terhadap rencana untuk membatasi kekuasaan Mahkamah Agung. 

Bandara Tel Aviv, gerbang internasional utama Israel, membatalkan penerbangan, dan kota setempat, pembibitan, pegawai negeri, dan pekerja teknologi juga bergabung dalam aksi tersebut. Aksi mogok besar-besaran itu terjadi setelah protes malam yang dramatis, yang dipicu oleh keputusan Netanyahu untuk memecat menteri pertahanannya karena menentang rencana peradilan.

Setelah pidato malam Netanyahu, serikat pekerja membatalkan pemogokan. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya