Humza Yousaf, Muslim Pertama yang Jadi Pemimpin Skotlandia

Humza Yousaf pemimpin Skotlandia pertama yang beragama Islam
Sumber :
  • Pinknews

VIVA Dunia – Partai penguasa Skotlandia telah memilih Humza Yousaf sebagai pemimpin barunya.

Negara Ini Tuduh Iran sebagai Negara Teroris, Kok Bisa?

Putra imigran Asia berusia 37 tahun itu sekarang akan menjadi orang kulit cokelat dan muslim pertama yang menjabat sebagai menteri pertama Skotlandia, kurang dari enam bulan setelah Rishi Sunak menjadi perdana menteri Inggris pertama dari keturunan India.

Yousaf akan memimpin Partai Nasional Skotlandia (SNP) sebagai penerus Nicola Sturgeon, yang tiba-tiba mengundurkan diri bulan lalu setelah delapan tahun sebagai pemimpin partai dan pemerintah semi-otonom Skotlandia, melansir Al Jazeera.

Diskriminasi Terhadap Perempuan Dalam Pekerjaan Kian Parah di Tiongkok

Humza Yousaf pemimpin Skotlandia pertama yang beragama Islam

Photo :
  • CNBC News

Perlombaan kepemimpinan SNP akhirnya berakhir, setelah kontes lima minggu yang melelahkan, yang mengungkap keretakan yang dalam di gerakan pro-kemerdekaan.

Pasien Imunodefisiensi Primer Minta Pemerintah Masukkan Terapi IDP ke dalam Formularium Nasional

Orang Skotlandia keturunan Pakistan itu, seorang loyalis Sturgeon, adalah favorit warga untuk menang. Dia melawan Kate Forbes (32) menteri keuangan negara dan bintang yang sedang naik daun yang pandangannya menentang pernikahan sesama jenis, dan Ash Regan yang keluar dari pemerintah karena menentang usulan perubahan pengakuan gender.

“Dari Punjab ke parlemen kami, ini adalah perjalanan untuk generasi kami,” kata Yousaf dalam pidato kemenangan yang berapi-api di Edinburgh, merujuk pada asal-usulnya di Asia Selatan. 

Yousaf mengatakan dia memiliki "hasrat" untuk kemerdekaan Skotlandia, dan menganjurkan "menggunakan kekuatan yang dilimpahkan untuk efek maksimal mutlak untuk mengatasi tantangan hari ini".

“Saya akan memastikan dorongan kita untuk kemerdekaan berada di gigi kelima,” katanya. “Rakyat Skotlandia membutuhkan kemerdekaan sekarang lebih dari sebelumnya," lanjutnya. 

Skotlandia memberikan suara menentang kemerdekaan sebesar 55 persen menjadi 45 persen pada tahun 2014. Pemungutan suara Inggris untuk meninggalkan Uni Eropa dua tahun kemudian, ketika mayoritas orang Skotlandia ingin tetap tinggal serta penanganan pandemi virus corona di Skotlandia, membawa dukungan baru untuk kemerdekaan.

Namun, jajak pendapat menunjukkan dukungan untuk kemerdekaan Skotlandia turun menjadi 39 persen bulan ini, setelah menyentuh rekor 58 persen pada 2020.

Yousaf, yang baru-baru ini sempat menjadi sekretaris kesehatan yang bertanggung jawab atas Layanan Kesehatan Nasional (NHS) yang dilanda krisis selama pandemi, telah dilirik karena rekornya di pemerintahan, termasuk penanganan masalah layanan kesehatan, dan mengambil kendali partai di waktu yang menantang.

Persatuan SNP, yang telah menjadi salah satu kekuatannya, telah runtuh karena argumen tentang bagaimana mencapai referendum kemerdekaan kedua dan cara terbaik untuk memperkenalkan reformasi sosial, seperti mengadvokasi hak-hak transgender.

Humza Yousaf pemimpin Skotlandia pertama yang beragama Islam

Photo :
  • Pinknews

Michael Russell, presiden SNP, mengatakan seminggu yang lalu bahwa partainya berada dalam "kekacauan yang luar biasa".

Dalam serangkaian serangan pribadi yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah partai baru-baru ini, Forbes berselisih dengan Yousaf atas rekornya di pemerintahan, mengklaim bahwa kereta tidak pernah tepat waktu ketika dia menjadi menteri transportasi, bahwa polisi berada di "titik puncak" ketika dia menjadi hakim, menteri, dan ketika dia menjabat sebagai menteri kesehatan, pasien memiliki daftar tunggu yang paling lama.

Yousaf menjawab dengan mengatakan Forbes tidak memiliki kekuatan untuk memperjuangkan kemerdekaan dan mengklaim komunitas LGBTQ tidak mempercayainya karena pandangan agamanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya