Putin Akan Kunjungi Turki April Mendatang, Ada Apa?

Vladimir Putin dan Recep Tayyip Erdogan
Sumber :
  • France 24

VIVA Dunia – Presiden Rusia Vladimir Putin akan mengunjungi Turki pada 27 April 2023 mendatang. Kedatangan Putin tersebut untuk peresmian reaktor tenaga nuklir pertama yang dimiliki Istanbul, yang dibangun oleh perusahaan energi nuklir negara Rusia Rosatom. 

Di Tengah Pertempuran Rusia-Ukraina, Wakil Menteri Pertahanan Rusia Ditangkap Karena Terima Suap

"Mungkin ada kemungkinan Tuan Putin akan datang pada 27 April, atau kami dapat terhubung ke upacara peresmian secara online dan kami akan meresmikannya di Akkuyu," kata Erdogan, pada Rabu, 29 Maret 2023. 

Turki akan memuat bahan bakar nuklir pertama ke unit daya pembangkit listrik tenaga nuklir Akkuyu, dan secara resmi memberikannya status fasilitas nuklir pada 27 April, kata Erdogan dalam pengumuman sebelumnya.

Wamenhan Rusia Ditangkap Atas Dugaan Korupsi

VIVA Militer: Recep Tayyip Erdogan (Kanan) dan Vladimir Putin (kiri)

Photo :
  • The Moscow Times
 
5 Negara Pemegang Hak Veto di PBB, Keputusan Internasional Ada di Tangan Mereka

Namun, Rusia, membantah laporan Erdogan bahwa Putin berencana untuk mengunjungi Turki. 

Kremlin mengatakan pada hari Sabtu, 26 Maret 2023, bahwa Putin dan Erdogan dalam panggilan telepon hanya membahas mengenai keberhasilan implementasi proyek strategis bersama di sektor energi, termasuk pembangunan pembangkit listrik tenaga nuklir Akkuyu. 

Proyek senilai $20 miliar atau setara dengan Rp301,3 triliun itu untuk membangun empat reaktor di kota Mediterania Akkuyu, yang nantinya akan memungkinkan Turki untuk bergabung dengan klub kecil negara-negara dengan energi nuklir sipil. 

Turki juga sebelumnya mengumumkan rencana untuk meluncurkan reaktor pertama di Akkuyu pada 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya