6 Fakta Soal Menteri Prancis Marlene Schiappa yang Jadi Cover di Majalah Playboy

Menteri Prancis jadi cover majalah Playboy
Sumber :
  • MARCA

VIVA Dunia – Menteri Sosial Ekonomi dan Asosiasi Prancis Marlene Schiappa menuai perhatian publik usai muncul di sampul depan majalah Playboy. Penampilan perempuan yang kini berusia 40 tahun itu untuk melengkapi wawancara setebal 12 halaman soal hak-hak perempuan dan LGBT.

Top Trending: 4 Perempuan Pernah Jadi Istri Ari Sigit, Jayabaya Ramal Kemunculan Gempa Besar

Schiappa tampil di sampul depan majalah tersebut dengan memakai gaun berwarna putih. Dia sudah lama menjadi advokat untuk hak-hak perempuan dan ditunjuk sebagai menteri kesetaraan gender pertama di Prancis sejak tahun 2017. 

Sepanjang jabatannya, dia dapat mempelopori undang-undang baru soal pelecehan seksual yang memungkinkan denda langsung kepada pelaku catcalling, pelecehan, atau mengikuti perempuan di jalan. Untuk mengenal lebih jauh, berikut fakta selengkapnya. 

AHY Ogah Bebankan Prabowo soal Jatah Menteri Buat Demokrat

1. Anak Sejarawan

Menteri Prancis Marlene Schiappa,

Photo :
  • CNBC
Jokowi Didampingi 2 Menteri dari PDIP ke BSD, Hadiri Acara Ini

Jika mengulik kehidupan pribadinya, Marlene adalah seorang perempuan yang lahir di Paris pada 18 November 1982. Ia adalah anak dari sejarawan Prancis yaitu Jean-Marc Schiappa. Sedangkan ibunya, Catherine Marchi, merupakan wakil kepada sekolah di Dijon, Prancis Timur. 

2. Pendidikan

Ilustrasi belajar online.

Photo :
  • Dok. Istimewa

Usai lulus dari sekolah menengah, Marlene mendapat gelar Baccalaurent ES dari Lycee Claude-Bernard. Lalu dia melanjutkan pendidikan selama setahun untuk belajar geografi di Sorbonne. Akhirnya, dia melanjutkan pendidikan resmi di Universitas Grenoble dengan mengambil kelas malam untuk jurusan komunikasi.

3. Sempat Bekerja di Periklanan

Ilustrasi bekerja.

Photo :
  • Pixabay/hamonazaryan1

Sebelum terjun ke dunia politik dan menjadi seorang menteri, Marlene sempat bekerja di sebuah perusahaan periklanan yang bernama Euro RSCG pada tahun 2007 silam. Masih di tahun yang salam, wanita menjadi menteri sejak tahun 2017 itu mendirikan majalah online bernama Les Pasionarias. 

4. Penulis

Ilustrasi Penulisan Artikel Ilmiah

Photo :
  • vstory

Pada 2008, Marlene Schiappa sempat aktif menulis blog bernama Maman Travaille yang khusus ditujukan untuk ibu pekerja. Lalu, dia menulis buku soal peranan ibu dan feminisme. Sampai kini, dia sudah menerbitkan 28 novel dan di antaranya yang terkenal adalah Letters To My Uterus dan Who Are The Rapist.

5. Jadi Cover Majalah Playboy

Menteri Prancis jadi cover majalah Playboy

Photo :
  • MARCA

Menteri yang berasal dari partai Renaissance (RE) ini tampak berpose dengan memakai bodysuit berwarna putih. Ia memperlihatkan sedikit bagian dadanya. Schiappa dikatakan menjadi sampul mahalah dengan pakaian lengkap dan memberikan wawancara tentang hak-hak perempuan serta isu LGBT. 

6. Pembelaan

Marlene Schiappa

Photo :
  • Melty

Schiappa juga menanggapi soal kritikan terhadapnya lewat Twitter pada Sabtu. Dia menulis "Pembelaan terhadap hak perempuan untuk memiliki kendali atas tubuh mereka, itu ada di mana-mana dan sepanjang waktu. Di Prancis, wanita bebas. Dengan segala hormat kepada para pencela dan orang munafik."

Menteri Dalam Negeri Prancis Gerald Darmanin membela Schiappa selama wawancaranya dengan saluran berita Prancis CNews pada Minggu 2 April lalu. Dia mengatakan bahwa Schiappa sebagai perempuan yang berkarakter. 

"Saya ingin mengatakan bahwa Marlene Schiappa adalah politikus perempuan pemberani yang memiliki karakter dan gaya yang tidak sesuai selera saya, tapi saya menghormatinya," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya