Australia Resmi Larang Pegawai Sipilnya Main TikTok

TikTok.
Sumber :
  • Dado Ruvic

VIVA Dunia – Australia akan melarang penggunaan TikTok pada perangkat pemerintah federal karena masalah keamanan, bergabung dengan daftar negara yang membatasi aplikasi tersebut, termasuk negara Amerika Serikat, Prancis, dan Inggris Raya.

Polisi Serahkan Selebgram Chandrika Chika ke BNNK Jaksel soal Kasus Narkoba, Mau Rehab?

Larangan tersebut mengikuti peringatan dari pejabat Barat bahwa China dapat menggunakan aplikasi tersebut, yang dimiliki oleh ByteDance, untuk memata-matai pengguna dan memanipulasi debat publik.

Jaksa Agung Australia Mark Dreyfus mengatakan pada hari Selasa bahwa larangan tersebut akan berlaku "secepat mungkin" sementara pengecualian akan diizinkan berdasarkan kasus per kasus dengan tunduk pada tindakan pencegahan keamanan, melansir Al Jazeera, Selasa, 4 April 2023.

Joe Biden Sahkan Undang-undang yang Membuat Tiktok Terancam Diblokir

Sydney, Australia.

Photo :
  • abc news

Larangan tersebut menjadikan Australia sebagai mitra intelijen “Five Eyes” terakhir yang memberlakukan pembatasan tersebut, setelah AS, Inggris, Kanada, dan Selandia Baru.

Kalahkan 11 Negara, Siswa Indonesia Sabet Emas Kompetisi Matematika Internasional di Australia

Pengumuman itu muncul di tengah meningkatnya kekhawatiran di Australia tentang dugaan spionase dan campur tangan oleh Beijing, yang menyebabkan Canberra mengesahkan undang-undang anti-campur tangan asing dan pembatasan pada perusahaan China, termasuk Huawei.

TikTok membantah klaim bahwa aplikasi tersebut menimbulkan risiko keamanan dan bersikeras tidak pernah dan tidak akan pernah berbagi data dengan pemerintah China.

Sementara itu, Kongres AS saat ini sedang mempertimbangkan undang-undang yang akan memaksa ByteDance untuk menjual TikTok, yang mengklaim 150 juta pengguna AS, atau membuat aplikasi tersebut langsung dilarang.

Kritikus berpendapat larangan yang diusulkan mungkin tidak sesuai dengan hak kebebasan berbicara yang dijamin oleh konstitusi AS dan mengklaim langkah seperti itu akan munafik, mengingat catatan buruk perusahaan teknologi AS tentang privasi dan rekam jejak mata-mata pemerintah AS sendiri.

China mengatakan akan "dengan tegas menentang" penjualan paksa TikTok dan mendasarkan langkah seperti itu pada "kepemilikan asing, daripada produk dan layanannya" akan merusak kepercayaan investor di AS.

Logo TikTok.

Photo :
  • Beebom

TikTok adalah perusahaan yang berbasis di Beijing dan dimiliki oleh ByteDance Ltd. Biasanya, aplikasi yang memiliki lebih dari 1 miliar pengguna ini digunakan untuk berbagi video ringan.

Awalnya, banyak pemerintah melihat aplikasi ini sebagai alat yang efisien untuk terhubung dengan demografis yang lebih muda, yang dianggap sulit dijangkau melalui saluran media tradisional.

Namun, pakar keamanan dunia maya telah berulang kali memperingatkan bahwa aplikasi tersebut dapat digunakan untuk mengumpulkan data pengguna yang kemudian dibagikan kepada pemerintah China.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya