Skotlandia Akan Miliki Bus Umum Tanpa Supir, Pertama di Dunia

Self driving bus atau bus tanpa supir di Skotlandia
Sumber :
  • Sky News

VIVA Dunia – Bus self-driving atau bus tanpa supir akan mulai mengangkut penumpang melewati Jembatan Jalan Forth Skotlandia bulan depan yang disebut-sebut sebagai yang pertama di dunia.

Bus Rajawali Indah Terguling Usai Tabrak Motor di Bojonegoro, 2 Orang Meninggal

Lima bus bertingkat akan menempuh rute 14 mil mulai 15 Mei, bisa mengangkut hingga 10.000 penumpang setiap minggu antara taman Ferrytoll, dan perjalanan di Fife, dan pertukaran kereta, dan trem Edinburgh Park.

Namun, meskipun kendaraan akan menggunakan sensor untuk berjalan di jalan yang telah dipilih sebelumnya dengan kecepatan hingga 50 mph, mereka masih perlu dioperasikan oleh dua anggota staf, dua kali lebih banyak dari bus biasa.

Rekaman CCTV Detik-detik Bus Kuning UI Sebelum Tabrakan dengan Mobil HR-V

Self driving bus atau bus tanpa supir di Skotlandia

Photo :
  • The Guardian

Melansir The Guardian, bis ini termasuk pengemudi keselamatan di kursi pengemudi untuk memantau teknologi, dan seorang kapten bus untuk membantu penumpang naik, membeli tiket, dan menjawab pertanyaan.

Terungkap, Pengemudi Mobil Putih Tabrak Bus Kuning Ternyata Mahasiswa UI

Saat ini, mobil tanpa pengemudi sepenuhnya tidak diizinkan secara hukum di Inggris Raya, dan pengemudi yang aman diperlukan setiap saat di semua kendaraan otonom, meskipun pemerintah sedang mengerjakan kerangka hukum dan jaminan yang diperbarui.

Stagecoach, operator bus yang menjalankan layanan tersebut, mengatakan anggota staf kedua akan menunjukkan seperti apa rasanya layanan otonom di masa depan ketika pengemudi dapat meninggalkan taksi. Karena inisiatifnya adalah uji coba untuk melihat cara kerja teknologi, tidak ada rencana segera untuk mengeluarkan pengemudi dari kabin.

Menteri Transportasi untuk pemerintah Skotlandia, Kevin Stewart, mengatakan "Proyek inovatif dan ambisius ini adalah tonggak sejarah yang menarik", yang diharap akan membantu Skotlandia memantapkan kepercayaannya di panggung dunia,” ujarnya.

Hal ini karena jaringan jalan negara itu mencakup berbagai lingkungan, yang dapat memberikan tempat pengujian yang baik untuk kendaraan yang dapat mengemudi sendiri.

Stagecoach mengatakan pihaknya menganggap proyek itu sebagai salah satu yang paling kompleks di seluruh dunia, serta layanan terdaftar pertama di Inggris yang menggunakan bus otonom berukuran penuh. Pemerintah Inggris mengatakan ini akan menjadi layanan bus umum self-driving ukuran penuh pertama di dunia.

Carla Stockton-Jones, Managing Director Stagecoach, mengatakan perusahaan bangga menjadi yang terdepan dalam inovasi transportasi dengan proyek ini yang menandai tonggak penting untuk transportasi umum.

Bersamaan dengan enam proyek lainnya, layanan bus Edinburgh mendapat bagian sebesar £81 juta dalam bentuk dukungan bersama pemerintah Inggris dan industri untuk mempercepat komersialisasi teknologi transportasi swa-kemudi.

Self driving bus atau bus tanpa supir di Skotlandia

Photo :
  • Sky News

Para menteri berharap kendaraan tersebut pada akhirnya akan memberikan kenyamanan lebih kepada konsumen dengan membuat perjalanan lebih cepat, dan lebih dapat diandalkan, serta meningkatkan keselamatan, karena 88% tabrakan di jalan raya saat ini disebabkan oleh kesalahan manusia; dan keberlanjutan, dengan mendorong lebih banyak orang untuk menggunakan transportasi umum.

Kota-kota lain juga sedang menjajaki pengenalan bus tanpa supir, meskipun ini dianggap tidak semaju proyek di Edinburgh.

Pada tahun 2025, 45 minibus listrik tanpa pengemudi akan diprogram untuk beroperasi selama satu tahun di tiga kota Eropa: Jenewa, Swiss; Kronach, Jerman; dan Oslo, Norwegia. Ada juga uji coba singkat di beberapa kota, termasuk Roma dan Seoul.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya