Keponakan John F Kennedy Umumkan Maju di Pilpres AS 2024, Tantang Joe Biden

Robert F. Kennedy Jr, keponakan mantan Presiden AS John F Kennedy maju capres
Sumber :
  • AP Photo/Hans Pennink

VIVA Dunia – Keponakan mantan Presiden AS John F. Kennedy, Robert F. Kennedy Jr, mengumumkan pencalonannya sebagai bakal calon Presiden AS pada Pemilu Presiden atau Pilpres AS 2024 mendatang. 

5 Negara Bagian dengan Cadangan Minyak Terbesar di AS

Pria 69 tahun itu telah mengirimkan dokumen-dokumen yang diperlukan kepada Komisi Pemilihan Federal untuk mengajukan diri sebagai bakal calon presiden AS dari Partai Demokrat.

Kennedy, yang dikenal sebagai aktivis anti-vaksin, menjadi wakil kedua dari Partai Demokrat yang akan mengikuti pemilihan presiden 2024 dan akan menantang Presiden Joe Biden dalam nominasi capres dari Partai Demokrat. 

AS Minta Iran Biarkan Israel Lakukan Serangan Balik, Hanya Sebagai 'Simbolis' Agar Israel Tak Malu

Robert F. Kennedy Jr. adalah putra mantan jaksa agung AS yang juga calon presiden pada pemilu 1968 Robert F. Kennedy, yang dibunuh di Los Angeles pada 5 Juni 1968.

Sementara itu, mantan Presiden AS Donald Trump, mantan Duta Besar AS untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Nikki Haley, mantan Gubernur Arkansas Asa Hutchinson dan pengusaha kaya raya Vivek Ramaswamy adalah beberapa kandidat yang telah mengajukan diri sebagai bakal calon presiden AS dari Partai Republik untuk pemilu 2024.

Akhiri Perang Dingin, Menhan AS dan China Lakukan Video Call Setelah Setahun

Presiden AS Joe Biden, dan istri Jill Biden.

Photo :
  • AP Photo/Marcio Jose Sanchez.

Kennedy, pernah menjadi penulis yang sangat produktif dan pengacara lingkungan yang menangani masalah seperti air bersih. Tetapi lebih dari 15 tahun yang lalu, dia terpaku pada keyakinan bahwa vaksin tidak aman. 

Dia muncul sebagai salah satu suara terkemuka dalam gerakan anti-vaksin, dan karyanya telah dijelaskan oleh pakar kesehatan masyarakat dan bahkan anggota keluarganya sendiri sebagai menyesatkan dan berbahaya.

Kennedy telah lama terlibat dalam gerakan anti vaksin, namun upaya tersebut semakin intensif setelah pandemi COVID-19 dan pengembangan vaksin COVID-19.

Badan amal anti-vaksinnya, Children's Health Defense, berkembang pesat selama pandemi, dengan pendapatan lebih dari dua kali lipat pada tahun 2020 menjadi $6,8 juta, menurut pengajuan yang dibuat dengan regulator amal.

Organisasinya telah menargetkan klaim palsu pada kelompok yang mungkin lebih rentan untuk tidak mempercayai vaksin, termasuk ibu dan orang kulit hitam Amerika, kata para ahli, yang dapat mengakibatkan kematian selama pandemi.

Kennedy merilis sebuah buku pada tahun 2021, "The Real Anthony Fauci," di mana dia menuduh dokter penyakit menular top AS membantu dalam "kudeta bersejarah melawan demokrasi Barat" dan mempromosikan perawatan COVID-19 yang belum terbukti seperti ivermectin, yang dimaksudkan untuk mengobati parasit, dan obat antimalaria hidroksiklorokuin.

Dorongannya melawan vaksin COVID-19 terkadang menghubungkannya dengan tokoh dan kelompok anti-demokrasi. Kennedy telah muncul di acara-acara yang mendorong kebohongan bahwa pemilihan presiden 2020 telah dicuri dan dengan orang-orang yang bersorak atau meremehkan pemberontakan di US Capitol pada 6 Januari 2021. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya