Untuk Pertama Kalinya, Paus Fransiskus Absen di Malam Jumat Agung Karena Masalah Kesehatan

Paus Fransiskus menyampaikan berkat Natal di Basilika Santo Petrus di Vatikan
Sumber :
  • AP Photo/Gregorio Borgia

VIVA Dunia – Paus Fransiskus, yang baru-baru ini dirawat di rumah sakit karena bronkitis, melewatkan prosesi malam Jumat Agung tradisional di Colosseum karena cuaca dingin di Roma, dan memilih untuk tetap di rumahnya di Vatikan sementara ribuan umat hadir untuk acara obor.

Parto Patrio Dilarikan ke Rumah Sakit

Jumat Agung ini adalah pertama kalinya seorang paus tidak hadir dalam prosesi Jalan Salib Colosseum sejak tahun 2005. Sebelumnya, St. Yohanes Paulus II yang lemah dan sakit, delapan hari sebelum kematiannya, juga tak hadir dan hanya menyaksikan Jalan Salib ritual di TV di apartemennya di Istana Kerasulan.

Melansir CBS News, Sabtu, 8 April 2023, Vatikan awalnya mengatakan Fransiskus akan memimpin doa di arena Romawi kuno pada prosesi yang mengenang penderitaan Yesus sebelum penyaliban dan kematiannya di kayu salib

Parto Patrio Terbaring dibawa Pakai Ambulans, Sakit Apa?

VIVA Militer: Paus Fransiskus

Photo :
  • dw.com

Tetapi hanya beberapa jam sebelum prosesi dimulai, Vatikan, mengutip "dingin yang intens" yang telah membuat malam hari menjadi sangat dingin di luar musimnya di Roma akhir-akhir ini, mengungkapkan bahwa Fransiskus akhirnya tak akan bisa hadir dan tetap tinggal di kediamannya di sebuah hotel di Kota Vatikan dan mengikuti acara tersebut dari sana. 

Trik ala Tasya Kamila agar Anak Gak Gampang Sakit, Bisa Dicontek Bun!

Paus berusia 86 tahun itu keluar dari rumah sakit Roma pada 1 April 2023 lalu setelah diberikan antibiotik intravena untuk bronkitis.

Sebelumnya pada hari Jumat, Fransiskus memimpin kebaktian doa malam selama dua jam di Basilika Santo Petrus. Kamis Putih, sehari sebelumnya, melihat paus menghadiri Misa yang panjang di basilika dan pada sore hari pergi ke penjara remaja Roma di mana dia mencuci dan mengeringkan kaki selusin penghuni muda sebagai simbol kerendahan hati yang meniru apa yang Yesus lakukan, untuk 12 rasulnya sebelum penyalibannya.

Penunjukan Colosseum adalah puncak dari upacara Pekan Suci. Pada prosesi tahun ini, di mana salib yang tinggi, ramping, dan ringan dibawa oleh umat Katolik, sekitar 20.000 orang hadir, memegang lilin yang menyala dalam kegelapan di luar arena. Ketika prosesi berakhir, dan seorang kardinal, bukannya paus, memberikan berkat, teriakan "Hidup paus!" terdengar dari keramaian.

Negara Vatikan

Photo :
  • Bussiness World

Fransiskus memilih tema prosesi "suara perdamaian di masa perang". Ia sempat membaca dengan lantang kisah penderitaan, migran dan pengungsi akibat perang, perang saudara atau kelaparan, di Afrika, Asia Tenggara, Timur Tengah, Amerika Selatan, dan di tempat lain.

Pilihan tersebut berasal dari banyak kisah penderitaan yang didengar Fransiskus dari para migran dan orang lain yang berbicara dengannya selama perjalanan ke luar negeri dan kesempatan lainnya.

Di antara laporan tersebut adalah tentang seorang pemuda Ukraina yang pada awalnya melarikan diri ke Italia di mana neneknya bekerja untuk melarikan diri dari perang di rumah, tetapi kemudian, karena rindu kampung halaman, ia kembali ke Ukraina. Mengikuti kisah itu adalah seorang pemuda Rusia yang mengatakan saudaranya meninggal, mungkin setelah dikirim untuk berperang di Ukraina, yang diserbu Rusia pada Februari 2022.

Francis telah berulang kali meratapi penderitaan rakyat Ukraina dan mengeluarkan banyak seruan untuk perdamaian.

Pada kebaktian sebelumnya, Fransiskus, yang memiliki masalah lutut kronis, menggunakan kursi roda untuk mencapai area tengah basilika dan memimpin kebaktian dengan jubah berwarna merah tua.

Paus Fransiskus.

Photo :
  • AP Photo/Gregorio Borgia

Selama upacara, paus terkadang terdengar serak saat membaca dengan suara keras dan saat memberikan restu di akhir kebaktian. Pada satu titik, dia berdiri untuk mencium sosok Yesus di salib tinggi yang dibawa kepadanya, lalu menundukkan kepalanya dalam refleksi diam.

Sementara Roma akhir-akhir ini mengalami cuaca seperti musim semi di siang hari, suhu turun hingga 30 derajat Fahrenheit (sekitar 4 derajat Celcius) setelah gelap.

Fransiskus juga dijadwalkan untuk memimpin Misa Vigili Paskah pada Sabtu malam ini di basilika. Pada hari Minggu, dia dijadwalkan berada di Lapangan Santo Petrus untuk Misa tengah pagi. Dia diharapkan menyampaikan pidato panjang yang mengulas perang dan konflik lain di dunia, yang dikenal dengan nama Latinnya, "Urbi et Orbi."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya