Gunung Berapi Shiveluch di Rusia Meletus, Ganggu Penerbangan

Gunung berapi Shiveluch di Rusia meletus.
Sumber :
  • Wikipedia.

VIVA Dunia – Gunung berapi Shiveluch yang terletak di Semenanjung Kamchatka, bagian paling timur Rusia, meletus, pada Selasa 11 April 2023, dan mengirimkan gumpalan abu setinggi sepuluh kilometer sehingga membahayakan penerbangan, demikian dilaporkan Tim Penanggulangan Letusan Gunung Berapi Kamchatka (KVERT).

Tim tersebut mengeluarkan Nota Pemberitahuan Gunung Berapi untuk Penerbangan yang mengingatkan bahwa letupan debu dengan ketinggian hingga 15 kilometer bisa terjadi sewaktu-waktu.

"Aktivitas gunung berapi saat ini bisa mengganggu penerbangan internasional atau pesawat yang terbang rendah," kata KVERT.

5 Negara dengan Angkatan Udara Terkuat di Dunia Tahun 2024, Indonesia Gak Termasuk?

ilustrasi bandara

Photo :
  • U-Report

5 Negara yang Bakal Jadi Medan Perang Jika Perang Dunia III Pecah, Indonesia Gimana?

Awan abu yang menyertai ledakan itu bergerak ke arah barat dan selatan dengan ukuran 400 km kali 270 km, menurut keterangan Survei Geofisika Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia cabang Kamchatka. Media Rusia melaporkan bahwa letusan gunung tersebut tampaknya masih terus meluas.
Heru Budi Tegaskan ASN DKI Tak Ada WFH: Media Saja Masuk


Oleg Bondarenko, kepala Distrik Ust-Kamchatsy, dalam unggahannya di Telegram mengatakan pemerintah setempat menutup sekolah dan memerintahkan warga untuk tidak keluar rumah. Gunung Shiveluch, salah satu gunung berapi paling aktif di Kamchatka, diperkirakan meletus sebanyak 60 kali dalam rentang waktu 10.000 tahun. Letusan besar terakhir terjadi pada 2007.

Gunung yang juga disebut Shiveluch Muda, karena memiliki kembaran Shiveluch Tua, itu memiliki ketinggian 2.800 meter dan menurut ilmuwan sangat aktif dalam beberapa bulan terakhir. Sementara, Gunung Shiveluch Tua memiliki ketinggian 3.283 meter.

Menurut Bondarenko, gunung tersebut meletus pada pukul 06.31 waktu setempat dan debu mengguyur desa-desa sekitar, termasuk Klyuchi, dengan ketebalan mencapai 8,5 cm --tertinggi dalam 60 tahun. "Warga disarankan untuk tetap di rumah dan menghindari perjalanan yang tidak perlu," kata Bondarenko, menambahkan. (Ant/Antara)
Gedung konsulat Iran di Damaskus, Suriah, hancur diserang Israel pada 1 April 2024.

Israel Mau Balas Dendam ke Iran, Rusia Pasang Badan Kirim Jet Tempur Canggih

Rusia dikabarkan tak tinggal diam dengan membantu Iran dari kemungkinan serangan balasan Israel. Selain jet tempur Sukhoi-35, ada bantuan teknologi pertahanan udara.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024