Presiden Iran dan Suriah Berbicara Secara Pribadi, Bahas Bentrokan di Masjid Al Aqsa

Presiden Suriah dan Presiden Iran
Sumber :
  • The Times of Israel

VIVA Dunia – Presiden Suriah Bashar Assad mengadakan panggilan telepon dengan Presiden Iran Ibrahim Raisi, di mana kedua pemimpin membahas masalah keamanan regional serta hubungan bilateral.

Heboh Israel Grebek Kantor Al Jazeera di Nazareth, Sejumlah Peralatan Disita

Kedua presiden itu menegaskan melalui telepon bahwa stabilitas regional dibangun di atas hubungan persahabatan antara kedua negara, kemajuan kepentingan bersama, serta kerja sama dan dialog yang berkelanjutan, melansir Hareetz.

Menurut para pemimpin, bentrokan antara pasukan Israel dan Palestina di Masjid Al Aqsa "mencerminkan kebijakan agresif entitas Israel dan tidak dapat dipisahkan dari serangan yang dilakukannya terhadap Suriah yang menargetkan warga sipil”, keduanya menampilkan "kegagalan Israel dalam menghadapi kekuatan perlawanan dan keberanian rakyat Palestina."

Netanyahu Tidak Takut Soal Ancaman AS Mengenai Pasokan Senjata

Presiden Suriah dan Presiden Iran

Photo :
  • The Times of Israel

Raisi menekankan kebutuhan untuk menghormati kedaulatan dan keutuhan wilayah Suriah.

Respon Kim Kardashian Saat Diteriaki Free Palestine Tuai Sorotan

Polisi Israel dan unit pengendali huru hara bentrok dengan jemaah Palestina di dalam Masjid Al Aqsa dalam beberapa hari terakhir, menangkap sekitar 400 orang pada hari Rabu dan melukai tujuh orang menurut Bulan Sabit Merah Palestina. Video petugas polisi memukuli warga sipil dengan pentungan menyebar dengan cepat di media sosial.

Enam roket diluncurkan menuju Dataran Tinggi Golan di Israel dari Suriah Sabtu malam dan Minggu pagi, mendorong Israel untuk mulai menembaki Suriah dengan artileri. Sebuah kelompok Palestina yang berbasis di Damaskus yang setia kepada rezim Suriah, mengaku bertanggung jawab atas peluncuran tiga rudal ke Israel pada Sabtu malam, lapor televisi Al-Mayadeen yang berbasis di Beirut.

Laporan itu mengutip Brigade Al-Quds yang mengatakan menembakkan roket sebagai pembalasan atas serangan polisi di Masjid Al Aqsa.

Ini juga termasuk beberapa serangan udara di Suriah dalam beberapa minggu terakhir yang dikaitkan dengan Israel. Selasa lalu, kementerian luar negeri Suriah memperingatkan bahwa kebijakan Israel "mendorong kawasan itu menuju eskalasi komprehensif dan fase ketidakstabilan baru."

Israel jarang mengklaim bertanggung jawab atas serangan yang dikaitkan dengannya di Suriah. Itu telah meningkatkan serangan terhadap apa yang digambarkannya sebagai target terkait Iran di Suriah, di mana pasukan yang didukung Teheran, termasuk Hizbullah Libanon, telah hadir sejak dikerahkan untuk membantu Presiden Bashar al-Assad dalam perang saudara Suriah yang pecah di 2011.

VIVA Militer: Pasukan Pertahanan Israel (IDF) di Kompleks Masjid Al-Aqsa

Photo :
  • Middle East Monitor

Pada tanggal 2 April, sebuah drone memasuki wilayah Israel dari Suriah sebelum kemudian ditembak jatuh oleh pasukan Israel. Sementara para pejabat pertahanan percaya bahwa Iran mengirim pesawat tak berawak itu, tidak jelas apakah Teheran melakukannya secara langsung, atau apakah itu karya salah satu proksi mereka di Suriah atau Lebanon.

Pejabat pertahanan senior mengatakan bahwa Iran berada di balik peluncuran drone dan IDF sedang menyelidiki apakah drone itu dipersenjatai untuk serangan atau dimaksudkan untuk pengumpulan atau provokasi intelijen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya