Wilayah Mekkah dan Jeddah Dilanda Badai Debu

Tornado Pasir Besar Terjang Mekkah, Arab Saudi.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Dunia – Wilayah Jeddah dan beberapa bagian lain dari provinsi Mekkah, terus dilanda badai debu. Insiden itu menyebabkan tidak ada jarak pandang horizontal di bagian pesisir wilayah itu, pada Selasa, 11 April 2023.

Ternyata Ini Alasan Rumy Al Qahtani Ikut Miss Universe 2024 Wakili Arab Saudi

Selain mengacaukan penglihatan, banyak pengendara terpaksa berhenti mengemudi karena jarak pandang yang buruk. Jeddah dan bagian lain dari wilayah Mekkah juga telah menyaksikan badai debu pada hari Senin, 10 April 2023. 

Tidak hanya badai debu, peningkatan suhu di Mekkah mencapai 37 derajat Celcius, dan di Jeddah 36 derajat Celcius, pada hari Selasa. Penurunan suhu juga terjadi di beberapa bagian Perbatasan Utara dan wilayah Al-Jouf. 

Pangeran MBS Bangun Resor Mewah NEOM di Atas 'Darah' Warga Saudi

Mars Memiliki Badai Debu Terbesar di Tata Surya

Photo :
  • U-Report

Sementara itu, National Center of Meteorology (NCM), mengkonfirmasi bahwa badai petir sedang hingga lebat, disertai badai debu dan hujan es akan menyebabkan hujan lebat. Fenomena itu akan berlanjut di sebagian wilayah Mekkah, Madinah, Tabuk, Al  -Qassim, Salam, Al-Jouf dan wilayah Perbatasan Utara. 

Wapres Maruf soal Jemaah Umrah RI Ditangkap di Arab: KJRI Sudah Bantu Advokasi

Melansir dari Saudi Gazette, Kamis, 13 April 2023, menurut ramalan NCM, hujan sedang akan terjadi di sebagian wilayah Najran, Jazan, Asir, Al-Baha, Riyadh dan Provinsi Timur. 

Sementara itu, Otoritas kesehatan di Jeddah mengeluarkan serangkaian tips kesehatan yang harus dipatuhi di tengah badai debu yang buruk. 

Kementerian Kesehatan menekankan agar pintu dan jendela ditutup rapat untuk menghindari paparan debu dan memakai masker penyaring udara yang harus sering diganti.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya