Kepala Gereja Katolik Yerusalem Ungkap Yahudi Israel Buat Umat Kristen Sulit Beribadah

Pendeta Gereja Katolik di Yerusalem
Sumber :
  • Crux Now

VIVA Dunia – Kepala Gereja Katolik Roma di Tanah Suci Yerusalem menuduh pemerintah Israel sayap kanan, PM Benjamin Netanyahu, membuat hidup lebih buruk bagi orang Kristen.

Media Arab sebut Hamas Setuju Bebaskan 33 Warga Israel yang Disandera

Komentar dalam wawancara Paskah oleh Patriark Latin Pierbattista Pizzaballa merespons pembatasan yang diberlakukan pada jamaah di gereja Makam Suci di Kota Tua Yerusalem, dan kegagalan polisi Israel untuk menghentikan pelecehan terhadap pendeta Kristen oleh ekstremis Yahudi.

“Frekuensi serangan ini, agresi, telah menjadi sesuatu yang baru,” kata Uskup Agung Pizzaballa. “Orang-orang ini merasa dilindungi, bahwa suasana budaya dan politik sekarang dapat membenarkan, atau mentolerir, tindakan (kekerasan) terhadap orang Kristen," ujarnya, melansir The Irish Times. 

Rudal Milisi Bayaran Iran Gempur Kota Terbesar Ketiga Israel

Pendeta Gereja Katolik di Yerusalem

Photo :
  • Crux Now

Sekitar 15.000 orang Kristen, kebanyakan orang Palestina dan Armenia, tinggal di Kota Tua, minoritas yang semakin berkurang di antara mayoritas Muslim.

Aksi UI Tiru AS Gelar Kamp Palestine Solidarity untuk Penghentian Perang di Gaza Banjir Dukungan

Pendeta Kristen di Kota Tua Yerusalem mengatakan mereka secara sering diludahi dan didorong, dan terkadang dipukul, saat berjalan di gang-gang sempit berbatu. Sebagian besar kasus tidak dilaporkan, dan jarang berujung pada penuntutan meskipun Kota Tua dipantau secara ekstensif oleh kamera CCTV.

Polisi mengklaim bahwa semua insiden yang dilaporkan diselidiki dan tersangka dituntut jika ada cukup bukti.

Ada juga peningkatan tajam dalam kasus kekerasan dan vandalisme yang lebih serius. Pada bulan Januari, dua remaja Yahudi didakwa setelah lebih dari 30 kuburan dirusak di pemakaman Kristen Protestan di Gunung Zion.

Pada bulan Februari, seorang turis religius Yahudi Amerika merobohkan dan merusak patung Yesus di sebuah gereja di Kota Tua, berteriak "Tidak ada berhala di kota suci Yerusalem!" 

Insiden tersebut memalukan bagi Israel yang selalu menyombongkan diri bahwa komunitas Kristen di Tanah Suci adalah yang paling aman di Timur Tengah dan menikmati kebebasan beribadah tanpa batas.

Sabtu ini, Polisi Israel membatasi umat Kristen Ortodoks akan merayakan tradisi Api Kudus Paskah di Gereja Makam Suci, situs tradisional makam Yesus, ketika patriark Ortodoks Yunani di Yerusalem menyalakan lilin dan menyalakan lilin untuk ratusan pendeta dan peziarah.

Patung Yesus yang dirusak oleh warga AS

Photo :
  • Fox News

Tahun ini polisi Israel telah menetapkan batas hanya 1.800 jemaah, mengutip masalah keamanan publik setelah penyerbuan mematikan selama festival Yahudi dua tahun lalu, ketika 45 orang tewas di Israel utara, menggarisbawahi risiko kerumunan besar jemaah yang berkumpul di ruang terbatas.

Jordan, penjaga tempat-tempat suci di Yerusalem, mengkritik batasan tersebut dan gereja Ortodoks mengatakan mereka akan menolak untuk mematuhinya.

“Kami akan terus menjunjung tinggi status quo adat dan upacara akan diadakan sebagai kebiasaan selama dua milenium dan semua yang ingin beribadah bersama kami diundang untuk hadir,” kata Ortodoks Yunani dan Patriarkat Armenia dalam pernyataan bersama.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya