Jepang, AS dan Korsel Tingkatkan Upaya Berbagi Informasi Mata-mata Rudal Korut

Parade Rudal Korea Utara
Sumber :
  • AP

VIVA Dunia – Para pejabat senior pertahanan Jepang, Amerika Serikat dan Korea Selatan, pada Jumat 15 April 2023, sepakat untuk meningkatkan upaya mewujudkan berbagi informasi waktu nyata mengenai rudal Korea Utara.

Kesepakatan itu dicapai di Washington sehari setelah Korea Utara mengatakan telah melakukan uji coba rudal balistik antar benua (ICBM) berbahan bakar padat.

Para pejabat pertahanan tersebut mengatakan bahwa mereka telah membahas cara-cara bagi angkatan bersenjata mereka untuk melanjutkan latihan trilateral guna menjaga perdamaian dan kestabilan di wilayah Indo-Pasifik dengan "cara yang lebih efektif".

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

Menteri Luar Negeri AS, Korsel dan Jepang bertemu membahas rudal Korut

Photo :
  • AP Photo/Petr David Josek, Pool

AS Kirim 25 Ribu Makanan Siap Saji ke Jalur Gaza Melalui Udara

Dengan hubungan
Krisis Populasi Jepang: Setengah Perempuan Muda Hilang di 40 persen Wilayah pada 2050
antara Jepang dan Korsel yang semakin baik, ketiga negara mengadakan pertemuan tingkat direktur jenderal untuk pertama kalinya dalam kurun tiga tahun.

"Ketiga pejabat pertahanan memastikan bahwa setiap pihak akan tetap waspada dan meningkatkan kerjasama keamanan trilateral untuk mencegah ancaman nuklir dan rudal (Korut)," kata Direktur Jenderal Kebijakan Pertahanan Jepang Kazuo Masuda, bersama mitra dari AS Ely Ratner dan dari Korsel Heo Tae Keun dalam pernyataan bersama.

Selain tentang Korut, pernyataan itu juga menyebutkan bahwa ketiga pihak menegaskan pentingnya perdamaian dan kestabilan di Selat Taiwan dan perlunya mendukung Ukraina untuk memukul mundur Rusia.
Cenayang asal Bulgaria, Baba Vanga.

Baba Vanga Ramal Perang Dunia III Akan Terjadi, Gegara Konflik Iran-Israel?

Sebagian dari kita masih ingat dengan ramalan Baba Vanga yang kerap menjadi kenyataan, dan kini ia kembali disorot dalam konteks konflik Iran-Israel yang tengah memanas.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024