Beberapa Negara Asia dan India Dilanda Cuaca Buruk nan Ekstrem

Cuaca panas di India.
Sumber :
  • AP Photo/Manish Swarup

VIVA Dunia – Beberapa negara di Asia dan India kini tengah dilanda panas dan cuaca buruk yang ekstrem sejak kemarin.

Deretan negara Ini Ternyata Miliki Jumlah Janda Terbanyak di Dunia

Gelombang panas yang melanda negara bagian Benggala Barat, Bihar, dan Andhra Pradesh di India diperkirakan akan berlanjut hingga minggu mendatang. Suhu siang hari tercatat hingga 40C selama beberapa hari berturut-turut di wilayah ini, sekitar 5C di atas rata-rata musiman.

Melansir The Guardian, panas berlebih ini terkait dengan aliran udara barat laut, yang juga membawa kondisi yang jauh lebih kering dari biasanya. 

Jeep Wrangler Facelift Meluncur, Segini Harganya

Seorang pengedara motor menutupi kepalanya dengan kain karena cuaca yang panas melanda India.

Photo :
  • AP Photo/Manish Swarup

Pihak berwenang telah menyarankan orang-orang untuk waspada terhadap kesehatan mereka dengan tetap terhidrasi, mengenakan pakaian yang dapat bernapas dan menghindari makanan jalanan, yang dapat dengan mudah meledak dalam kondisi seperti ini.

Ini Dia Lift Penumpang Terbesar di Dunia, Bisa Angkut 235 Orang Sekaligus

Mereka juga menutup sekolah dan universitas selama seminggu sebagai tanggapan atas keluhan anak sekolah tentang sakit kepala.

Sementara itu, di China, badai pasir yang melanda beberapa bagian negara itu selama berminggu-minggu dan mengancam menyebar ke tempat lain di Asia. Sebagian besar pasir dan debu berasal dari Gurun Gobi, melintasi perbatasan antara Mongolia dan Cina.

Shanghai sangat terpengaruh dalam sebulan terakhir ini, dengan konsentrasi partikel PM10 mencapai lebih dari 46 kali tingkat aman yang direkomendasikan Organisasi Kesehatan Dunia. Hal ini mengakibatkan peringatan kualitas udara, berkurangnya jarak pandang, dan banyak permukaan yang dilapisi debu halus.

Badai pasir di Bandara Madinah

Photo :
  • MCH 2022

Korea Selatan dan Jepang juga terkena dampaknya. Seoul telah mencatat tingkat PM10 lebih dari dua kali lipat ambang batas yang dianggap pemerintah "sangat tidak sehat". Badai pasir telah menjadi kejadian yang lebih sering terjadi dalam beberapa dekade terakhir, karena kombinasi dari kenaikan suhu dan berkurangnya curah hujan di gurun Gobi.

Selain negara-negara itu, Amerika Serikat juga mengalami beberapa badai berumur pendek tetapi berdampak selama akhir pekan. Hujan es besar dengan diameter sekitar satu inci dilaporkan terjadi di banyak bagian Missouri, bersamaan dengan angin kencang yang berhembus hingga 97 mph, menyebabkan kerusakan pada pohon, lumbung, dan rumah mobil.

Batu es empat inci dilaporkan di dekat kota Arcola pada sore hari waktu setempat, dan batu es tiga inci dilaporkan di dekat kota Golden City, 22 mil ke barat daya, kurang dari 20 menit kemudian.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya