Acara Pembagian Sedekah Ramadhan di Yaman Berujung Maut, Tewaskan 78 Orang

Acara amal Ramadhan di Yaman berakhir tragedi menewaskan sedikitnya 78 orang.
Sumber :
  • ANSAR ALLAH HOUTHI MEDIA OFFICE via AP.

VIVA Dunia – Acara amal Ramadhan di Yaman berujung maut menewaskan sedikitnya 78 orang akibat berdesak-desakan. Kerumunan orang panik karena tembakan dan ledakan listrik di sebuah acara pendistribusian bantuan keuangan selama bulan suci Ramadhan di ibukota Yaman Rabu malam 19 April 2023. 

Jadwal Imsakiyah, Waktu Sholat dan Buka Puasa di Seluruh Indonesia Jumat, 29 Maret 2024

Tragedi maut tersebut menewaskan sedikitnya 78 orang, dan melukai sedikitnya 73 lainnya, menurut saksi dan pejabat pemberontak Houthi, melansir AP, Kamis 20 April 2023 .

Tragedi itu adalah yang paling mematikan di Yaman dalam beberapa tahun, yang tidak terkait dengan perang berkepanjangan di negara itu. Yang menyedihkannya insiden itu terjadi menjelang hari raya Idul Fitri, yang menandai akhir Ramadhan akhir pekan ini.

Tebar Berkah Ramadan 1445 H, Mandiri Group Santuni 57.000 Anak Yatim dan Duafa

Acara amal Ramadhan di Yaman berakhir tragedi menewaskan sedikitnya 78 orang.

Photo :
  • ANSAR ALLAH HOUTHI MEDIA OFFICE via AP.

Kelompok bersenjata Houthi menembak senjata ke udara dalam upaya pengendalian massa, dan tampaknya mengenai kabel listrik hingga menyebabkannya meledak, menurut dua saksi, Abdel-Rahman Ahmed dan Yahia Mohsen. Ledakan itu memicu kepanikan, dan orang-orang, termasuk banyak wanita dan anak-anak, mulai berdesak-desakan dan tergencet, kata mereka.

Mumpung Ramadhan, Ammar Zoni Banyak Berdoa Agar Segera Bebas dari Penjara

Video yang diposting di media sosial menunjukkan puluhan mayat, beberapa tidak bergerak, dan yang lainnya berteriak saat orang berusaha membantu. Rekaman terpisah setelah kejadian yang dirilis oleh pejabat Houthi menunjukkan noda darah, sepatu, dan pakaian korban berserakan di tanah. Para penyidik terlihat memeriksa lokasi.

Orang-orang terjebak berdesak-desakan di Kota Tua di pusat Sanaa, di mana ratusan orang miskin berkumpul untuk acara amal yang diselenggarakan oleh para pedagang, menurut Kementerian Dalam Negeri yang dikelola Houthi.

Mereka berkumpul untuk menerima uang masing-masing sekitar US$10 atau Rp 149 ribu dari sebuah badan amal yang didanai oleh pengusaha lokal, kata saksi mata. Orang kaya dan pengusaha sering membagikan uang dan makanan, terutama kepada orang miskin, selama Ramadhan.

Juru bicara Kementerian Dalam Negeri Brigjen, Abdel-Khaleq al-Aghri, menyalahkan kecelakaan itu karena “distribusi acak” dana tanpa koordinasi dengan otoritas lokal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya