Jalan Aspal di India Meleleh Diduga Gegara Cuaca Panas yang Ekstrem

Aspal di India meleleh
Sumber :
  • TikToK @randomtrending_video

VIVA Dunia – Suhu panas yang melonjak belakangan ini membuat jalanan di Surat dan Ahmedabad, India mengalami hal tak terduga. Tak hanya harus menanggung suhu panas yang ekstrem, jalanan aspal yang baru dibuat ‘meleleh’ karena panas yang terik. 

Toyota Luncurkan Innova Baru Berpenggerak Roda Belakang

Dilansir dari Times Now pada Selasa 25 April 2023, suhu maksimum di Ahmedabad sempat menyentuh 41 derajat Celcius pada beberapa waktu lalu dan Departemen Meteorologi India (IMD) juga memperkirakan hal tersebut masih terjadi hingga sisa minggu ini. 

Aspal di India meleleh

Photo :
  • Twitter @Hardik4Society
Awas! Oli Tumpah di Jalan Juanda Depok, Pengendara Diimbau Waspada

Kenaikan suhu panas ekstrem tersebut menyebabkan aspal baru meleleh di jalan sepanjang 200 meter yang menghubungkan jembatan Chandra Shekhar Azad ke Adajan Patiya di Surat, India. 

Sementara itu, para pengendara yang melalui aspal meleleh tersebut terlihat mengemudi dengan hati-hati agar tidak terpeleset dan pejalan kaki juga mengeluhkan alas kaki mereka yang menempel di jalan. Di Ahmedabad, aspal dan lapisan aspal meleleh secara spontan di jalan Sudram Nagar sepanjang 1,5 km di distrik Gomtipur kota

Gelombang Panas di Myanmar Capai 48 Derajat Celcius

Menurut pejabat Surat Municipal Corporation (SMC), upaya yang dilakukan untuk mengeringkan aspal yang cair mereka menaburkan debu batu, meskipun masih tetap lengket. Hal dilakukan setelah foto dan video viral di media sosial memperlihatkan kondisi jalan yang meleleh tersebut. 

Saat disinggung ada kelalaian pada pihak kontraktor, pejabat tersebut mengatakan bahwa kualitas bahan yang digunakan dan keseluruhan proses sudah sesuai dengan standar yang dipersyaratkan. 

Hanya berselang sebulan, peleburan jalan kembali terjadi akibat panas berlebih yang menyebabkan ketidaknyamanan para pengendara dan pejalan kaki.

Iqbal Shaikh, seorang korporator lokal, mengatakan bahwa ada beberapa pekerjaan pelapisan jalan di kota itu selama satu bulan terakhir, tetapi Jalan Sundram Nagar tampaknya menjadi satu-satunya jalan di kota yang aspalnya telah mencair.

Salah satu yang mengunggah kondisi jalanan meleleh di Ahmedabad India adalah akun bernama @Hardik4Society di Twitter. Namun beberapa orang menganggap masalah bukan ada pada suhu panas tapi karena konstruksinya yang bermasalah. 

“#Ahmedabad : Jalan dari jalan lintas Navrangpura ke Mithakhali enam jalan mencair karena #panas ekstrim, pengendara menghadapi masalah. #Gujarat,” tulis keterangan dalam unggahannya yang dikutip VIVA pada Selasa 25 April 2023. 

“Sedih melihat tingkat konstruksi ini,” komentar netizen.

“Ini bukan masalah panas, ini masalah kualitas kerja yang rendah,” saut netizen lain. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya