Penumpang Pesawat Diusir Karena Obesitas

Ilustrasi obesitas
Sumber :
  • AP Photo

VIVAnews - Seorang pria Inggris kehilangan kesempatan menemui kerabatnya untuk kali terakhir. Pria Inggris itu, Sandy Russell, ditolak duduk di bangku pesawat karena ukuran tubuhnya terlalu besar.

Russell, pemilik bobot lebih dari 200 kilogram, berulang kali diminta untuk meninggalkan pesawat Air Transat yang akan bertolak dari London, Inggris, ke Toronto, Kanada, Sabtu pekan lalu. Pramugari memintanya turun karena tubuh Russell tidak muat duduk di kursinya.

Russell diminta untuk terbang dengan pesawat berikutnya, tetapi hanya jika dia membayar untuk dua kursi. Russell tidak menerapkan saran tersebut, dan tantenya meninggal dua hari kemudian.

Maskapai penerbangan Kanada tersebut menjelaskan bahwa Russell "diusir" dari pesawat karena lengan kursi tidak bisa diturunkan akibat terdesak tubuh Russell. Russell "melahap" sepertiga bagian kursi di sebelahnya yang diduduki penumpang lain. Air Transat kemudian mengembalikan uang tiket Russell untuk menunjukkan itikad baik.

"Saya merasa seperti seorang kriminal atau teroris atau semacamnya. Saya sangat emosional," kata Russell kepada BBC, seperti dikutip dari laman Sydney Morning Herald, 21 Juni 2010.

4 Serangan Brutal Iran dalam Operasi Janji Sejati untuk Menumpas Israel dan Sekutunya

Juru bicara maskapai mengatakan bahwa mereka tidak bisa meminta ukuran tubuh penumpang sebelum mereka memesan tiket pesawat karena tindakan tersebut berarti melanggar hak asasi manusia.

Beberapa maskapai penerbangan Amerika Serikat menerapkan kebijakan khusus pada penumpang dengan kondisi obesitas dengan meminta mereka memesan dua tiket untuk diri mereka sendiri. Sementara badan transportasi Kanada menerapkan peraturan bahwa maskapai penerbangan hanya bisa mengenakan satu kursi pada penumpang obesitas untuk penerbangan domestik pada 2008. Namun, kenyataannya penumpang kegemukan itu memerlukan dua kursi.

Pelatih Persita Tangerang Luis Duran

Kunci Persita Tangerang Imbangi Persib Bandung meski 2 Kali Tertinggal

Persita Tangerang meraih satu poin saat menjamu Persib Bandung dalam laga lanjutan Liga 1 2023/2024. Bermain di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali,Senin 15 April

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024