Presiden Turki Erdogan: Kami Berhasil Bunuh Pemimpin ISIS

VIVA Militer: Kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS)
Sumber :
  • syriaaccountability.org

VIVA Dunia – Pemerintah Turki mengatakan bahwa pihaknya berhasil melumpuhkan Abu Hussein al-Qurayshi, yang disebut sebagai pemimpin organisasi teroris Daesh atau ISIS, selama operasi di Suriah pada hari Sabtu pekan lalu. Hal ini langsung diumumkan oleh Presiden Recep Tayyip Erdogan

Viral Imam Masjid di Turki Ajak Main Anak-anak di Masjid, Warganet: di Indo Mah Boro-boro

"Organisasi Intelijen Nasional Turki (MIT) telah mengikuti seseorang yang disebut sebagai pemimpin Daesh, dengan kode nama Abu Hussein al-Qurayshi, untuk waktu yang lama," katanya, melansir Anadolu Agency. 

"Ini adalah pertama kalinya saya mengatakan ini di sini. Orang ini dilumpuhkan dalam operasi yang dilakukan oleh MIT kemarin," kata Erdogan dalam wawancara langsung dengan penyiar Turki TRT Turk pada hari Minggu.

Potret Hangat Presiden Turki Erdogan dan Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh Saat Bertemu di Istanbul

"Kami akan melanjutkan perjuangan kami dengan organisasi teroris tanpa diskriminasi," tambahnya.

VIVA Militer: Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan

Photo :
  • foxnews.com
ISIS Tembaki 20 Pejuang Bersenjata Palestina hingga Tewas di Suriah

Qurayshi telah menjalankan ISIS sejak Oktober lalu, ketika pendahulunya dibunuh oleh pejuang pemberontak Tentara Pembebasan Suriah di provinsi Deraa Suriah. Pemimpin sebelumnya juga tewas dalam operasi AS pada Februari 2022.

Tidak jelas apa dampak pembunuhannya terhadap operasi ISIS. Sejak Abu Bakr al-Baghdadi, mantan pemimpin lainnya, tewas dalam serangan AS pada 2019, para ahli mengatakan kelompok tersebut tidak memiliki kepemimpinan karismatik dan potensinya telah berkurang. Meskipun mereka masih melakukan beberapa operasi skala kecil, mereka belum melakukan serangan besar akhir-akhir ini.

Seperti diketahui, pada 2013, Turki menjadi salah satu negara pertama yang menyatakan Daesh/ISIS sebagai organisasi teroris. ISIS telah membunuh ratusan orang di Turki selama satu dekade terakhir, termasuk penembakan di klub malam Istanbul pada 2017 yang menewaskan lebih dari tiga lusin orang dan ratusan lainnya terluka, dalam setidaknya 10 bom bunuh diri, tujuh serangan bom, dan empat serangan bersenjata.

Militan Islam mengambil keuntungan dari kekacauan perang saudara di Suriah, dan ketidakstabilan di Irak untuk menguasai sebagian besar kedua negara pada tahun 2014. Kelompok tersebut diusir dari kubu teritorial tersebut oleh koalisi internasional pada tahun 2019.

Qurayshi dilaporkan tewas di Jinderes, sebuah kota di Suriah barat laut yang terletak di zona Perisai Efrat yang dikendalikan oleh kelompok pemberontak yang didukung Turki.

Dareen Khalifa, analis senior Suriah di Crisis Group, mengatakan kehadiran al-Qurayshi di daerah sekitar Jinderes masuk akal. “Ini adalah area yang rentan keamanan dan penelitian kami menunjukkan banyak komandan ISIS tingkat menengah ke atas menggunakan (itu) sebagai tempat persembunyian.”

Selain itu, Erdogan juga mengatakan rasisme, Islamofobia, dan diskriminasi menyebar di Barat "seperti sel kanker", menambahkan: "Negara-negara Barat belum menunjukkan upaya untuk menghadapi ancaman ini."

Ujaran kebencian dan serangan yang menargetkan Muslim dan masjid di luar negeri juga meningkat, tegasnya. "Tindakan keji oleh kelompok rasis, seperti pembakaran masjid dan penghancuran Alquran, juga meningkat. Kami mengambil setiap langkah untuk memastikan keselamatan jiwa dan harta benda warga kami," kata Erdogan.

VIVA Militer: Kelompok teroris ISIS

Photo :
  • arabnews.com

Beberapa bulan terakhir telah terjadi beberapa tindakan pembakaran Al-Qur'an, atau upaya untuk melakukannya, oleh tokoh atau kelompok Islamofobia di Eropa utara dan negara-negara Nordik.

Beralih ke pembunuhan oleh kelompok Neo-Nazi National Socialist Underground (NSU), Erdogan mengatakan Turki akan mengikutinya. "Jika dianggap perlu, kami harus mengajukan semua jenis gugatan di pengadilan internasional, mulai dari kompensasi material hingga moral, untuk mendapatkan hasil," tambahnya.

Kelompok teroris sayap kanan NSU membunuh delapan imigran Turki, seorang warga negara Yunani, dan seorang polisi wanita Jerman antara tahun 2000 dan 2007, tetapi kasus tersebut tetap tidak terpecahkan hingga saat ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya